Terbukti Membakar, Izin Perusahaan Dicabut


Rabu, 09 September 2015 - 18:52:36 WIB

Menyikapi hal itu, Danrem 031/Wirabima, Brigjen Nurendi, mengusulkan pemerintah menca­but izin perusahaan yang bersangkutan, jika memang terbukti membakar lahan di area konsesinya. Pihaknya menilai, dengan menjatuhkan sanksi yang tegas tersebut, diharapkan pihak perusahaan tidak lagi  mengulangi aksi pembakaran lahan.

"Harus diusut dan dimungkinkan lahannya dicabut izin. Kalau produksi, hasilnya tidak boleh dijual. Agar nantinya ketika mau buka lahan, terlebih dahulu berpikir karena ada aturan," ujarnya, usai briefing di Posko Satgas Karhutla Riau di Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, kemarin.

Tidak hanya itu, sanksi ini juga diharapkan bisa membuat perusahaan jadi ciut nyalinya, jika ada yang ingin melakukan pembakaran lahan lagi. Bahkan jika perlu, riwayat lahan milik perusahaan harus diusut silsilahnya. Sehingga bila ditemukan ada indikasi pembakaran lahan secara sengaja, hal itu akan menjadi catatan buruk bagi perusahaan bersangkutan. Tak hanya itu, hasil panennya juga nanti akan dipertanyakan serta dipertang­gung­jawabkan.

Terkait proses penegakan hukum yang dilakukan saat ini, termasuk 12 perusahaan yang dilaporkan Dinas Kehutanan (Dishut) Riau ke Dirjen Pene­gakan Hukum Kementerian Kehutanan dan Ling­kungan Hidup, Nurendi mengaku optimis pene­gakkan hukumnya akan berjalan maksimal.

"Saya yakin penegakan hukum, keras dan benar. Ini sesuai perintah Presiden. Yang salah tetap salah jangan dibiarkan, setiap tahun berulang-ulang," tambahnya.

Ditambahkannya, tim Satgas Karhutla akan bertindak tegas terhadap pelaku pembakar lahan, baik dari pelaku usaha, masyarakat dan perusahaan. Lahan yang tebakar harus di police line, serta dipatok. Dan pelaku usahanya ditindak tegas.

"Perusahaan itu juga harus bisa kita pilah juga. Apa mungkin perusahaan yang sudah go inter­nasional mau membakar lahan. Nah ini pelaku usaha yang akan membuka lahan, nah ini siapa, jangan sampai pelaku ini bisa lepas yang memung­kinkan membuka lahan," tegasnya lagi. (hr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]