Kesiapan Penginapan Belum Ada Kepastian


Rabu, 09 September 2015 - 18:54:42 WIB

"Untuk  ready penginapan belum bisa kami sampaikan. Hal itu  karena  koordinasi   yang dilakukan panitia  dengan kami baru sebatas  komunikasi awal saja. Proses selanjutnya, atau penyelesaian akomodasi sama sekali belum,"  ucap Maulana.

Dikatakan, dibanding tahun sebelumnya penyelesaian persia­pan penginapan di tahun ini ter­bilang  sangat lambat. Sebab, sebut Maulana, pada TdS yang sudah-sudah kebutuhan akomo­dasi telah  dirampungkan tiga bulan sebelum kegiatan terselenggara.

"Harapan kami dalam waktu  yang tinggal sebentar  dan singkat ini, panitia  bisa menyegerakan hal itu.  Yang kita ketahui,  saat ini panitia masih dalam proses melakukan survey,"  tuturnya.

Lebih lanjut, menyangkut ketersediaan kamar, ia memas­tikan tak ada masalah dengan persoalan ini.  Hal itu karena, total kamar yang  terdapat pada keseluruhan hotel di Sumbar khususnya Kota Padang  lebih dari cukup

Pada TdS  yang sudah-sudah, terangnya, jumlah kamar yang dibutuhkan untuk tamu  unda­ngan yang  hadir pada kegiatan ini hanya sekitar 400 kamar.  Untuk hal ini pada hotel-hotel di Kota Padang saja  terdapat sekitar  2800 kamar.

"Sementara, kalau untuk  Sum­bar keseluruhan,  dari data yang ada di PHRI,  kita memiliki sekitar 4.000 kamar.  Jadi,  keter­sediaan  kamar untuk   tamu  dan wisatawan  tak akan tak ada masalah," pungkasnya.

Di Pesisir Selatan yang akan dijadikan grand start Tour de Singkarak (TdS) tahun 2015 sudah menyiapkan 350 kamar. Se­lain itu, lintasan Painan-Pa­dang yang bakal dilewati pebalap juga dalam proses perbaikan.

Kepala Dinas Pariwisata Pe­mu­da dan Olah Raga Pessel Gunawan Rabu (8/9) di Painan menyebutkan, seluruh hotel dan penginapan dipersiapkan untuk tamu pada TdS mendatang. Pani­tia lokal juga bakal mempersiap­kan home stay yang tersebar di Painan.

"Hingga kini belum ada peru­bahan rute untuk Pessel - Padang. Kami terus berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar dan pihak terkait dengan iven tersebut," katanya.

Sementara untuk areal parkir menurutnya, Pessel telah dapat menggunakan kawasan reklamasi yang baru di arah selatan. Selain itu juga ada tempat parkir utama. Pessel dapat menampung ribuan kenda­raan untuk iven besar ter­sebut.

Sekda Pessel Erizon juga men­jelaskan, lanjutan reklamasi Caro­cok yang diarahkan ke Painan Selatan nantinya juga berfungsi banyak yakni sebagai lahan par­kir, arena pertunjukkan rakyat bila kegiatan TdS selesai. Jadi dasar pemikiran lain penam­bahan kawasan reklamasi itu adalah lahan parkir yang masih terbatas di sekitar Carocok. Sela­ma ini sejumlah pengunjung memang mengeluh akan sarana parkir di objek itu.

"Daya tampung parkir kenda­raan yang ada saat ini hanya sekitar 6000 kendaraan roda empat. Se­mentara selama libur lebaran lalu, jumlah kendaraan yang masuk ke sana mencapai 10.000," katanya menjelaskan. (h/mg-len/har)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 18 April 2018 - 14:18:57 WIB

    Cek Kesiapan Prajurit Marinir, Dankormar Berkunjung ke Lantamal II Padang

    Cek Kesiapan Prajurit Marinir, Dankormar Berkunjung ke Lantamal II Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM--Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI Bambang Suswantono, (Han) melakukan kunjungan kerja ke Lantamal II, Rabu (18/04)..
  • Rabu, 27 April 2016 - 15:35:26 WIB

    PWI Tinjau Kesiapan Sumbar Tuan Rumahi HPN

    PADANG, HALUAN — Ren­cananya Hari Pers Na­sio­nal (HPN) tahun 2017 akan di­adakan di Sumatera Barat (Sumbar). Kepastian Sumbar sebagai tuan rumah HPN ini ditinjau oleh Persatuan War­tawan Indonesia (PWI) Pusat..
  • Rabu, 23 Maret 2016 - 03:50:40 WIB

    Panitia Tinjau Kesiapan CBT SBMPTN Unand

    PADANG, HALUAN — Pa­nitia Pusat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Ne­geri (SB­M­PTN) 2016 mela­kukan pe­nin­jauan langsung ke Univ­ersitas Andalas terkait ke­sia­pann­ya sebagai penye­lenggara computer base.
  • Selasa, 14 Juli 2015 - 19:31:13 WIB

    KPU Monitoring Kesiapan PPDP

    PADANG, HALUAN — Ko­misi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar melak­sana­kan monitoring ke tiga dae­rah, guna melihat persiapan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Karena PPDP ini sudah harus ter­bentu.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]