Kemarau Panjang, Harga Telur Itik Melambung


Kamis, 10 September 2015 - 18:44:43 WIB
Kemarau Panjang, Harga Telur Itik Melambung

Pada umumnya itik yang dipelihara petani di Solok itik air artinya, di lepas ke sawah-sawah yang berair baru bisa meng­hasilkan telor, itik bebas mencari makan di sawah-sawah dalam bentuk tumbuhan, keong mas maupun padi-padian. Namun sejak kemarau melanda, itik milik petani banyak di kandangkan.

Baca Juga : BPJS Kesehatan Bermanfaat Bagi Pengobatan Lansia

Saya sudah hampir 2 bulan tidak me­lepaskan itik ke sawah karena kondisi sawah kering, tidak ada makanan yang bisa dimakan itik, untuk memenuhi makanan terpaksa mencari rerumputan dan daun-daunan serta membeli makanan dedak, ujar Upik seorang peternak itik kepada “Haluan” di kawasan kelurahan VI Suku.

Upik yang memiliki itik 15 ekor itik biasanya setiap pagi melepaskan itik ke sawah yang belum ditanami padi, itik itu dibiarkan sampai sore namun disekeliling sawah dipagar dengan waring agar tidak masuk ke sawah lain yang ditanami padi. Namun sejak kemarau melanda, itik peliharaannya banyak di kurung dikandang karena tidak adanya medan pemeliharaan.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 175, Sembuh 172, dan Meninggal Dunia 3 Orang

Akibat dikurungnya itik memang berdam­pak pada produksi telor, dari 15 ekor itik betina dan 2 pejantan, hanya menghasilkan telor 3-5 butir /hari. Biasanya jika musim penghujan dengan didukung areal peme­liharaan bisa menghasilkan telor 10 -12 telor/hari. Rata-rata itik betelor 80 % setiap hari.

Sementara dipasaran, harga telor itikpun melonjak, biasanya harga telor itik Rp 1.800/butir namun sejak  kemarau melanda, harga telor itik Rp 2.500/butir. Naiknya harga telor itik banyak konsumen beralih ke telora ayam buras. Harga telor ayam buras di tingkat pedagang pengencer Rp 1.500/butir. (h/alf)

Baca Juga : Antisipasi Curanmor saat Ramadan, Ini Imbauan Polda Sumbar

BERITA TERKINI Index »

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]