SDN 03 Kotonopan Saiyo Butuh Air Bersih


Kamis, 10 September 2015 - 18:46:54 WIB

Saat ini, SDN 03 Koto­no­pan Saiyo memiliki mu­rid 117 orang, terdiri dari 65 orang putra dan 52 orang putri.

Di sekolah ini, me­miliki tenaga pengajar se­banyak 11 orang, diantara mereka 7 orang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 4 orang masih honor.

SDN 03 Kotonopan Sai­yo mempunyai 8 ruangan, terdiri dari ruangan kepala sekolah dan majelis guru digabung satu, selebihnya digunakan untuk penye­leng­garaan Proses Belajar Me­ngajar (PBM).

Kepala SDN 03 Kotono­pan Saiyo Ahmat Nawawi menyebutkan, saat ini seko­lah yang dipimpinnya itu masih dalam kekurangan sarana dan prasarana, dian­taranya kekurangan ruang musala, perpustakaan, pagar sekolah dan penambahan WC (water closed).

Meski sekolah ini berada di kecamatan pinggir, na­mun masih banyak prestasi yang berhasil dijulang, yaitu prestasi di bidang Olim­piade Olahraga Siswa Na­sional (O2SN) peringkat kedua tingkat Provinsi Sum­bar olahraga takrau dan juara satu tingkat kabupaten.

Selain itu, SDN 03 Koto­nopan Saiyo juga peraih juara dua atletik kabupaten pada lomba Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), diantaranya me­raih peringkat satu anyaman tingkat kabupaten, juara harapan satu anyaman Ting­kat Sumbar, K3 Terbaik Pasaman 2014, juara dua UKS Pasaman 2014 dan juara satu lomba seni tor-tor tingkat kecamatan 2014.

Ahmat Nawawi meng­harap kepada pemerintah untuk memberikan per­ha­tian khusus kepada sekolah di kecamatan itu. Terutama SDN 03 Kotonopan Saiyo, yang saat ini membutuhkan air bersih.

Di Kecamatan tersebut telah ada jaringan air bersih, yang dikelola masyarakat dengan cara swadaya, namun distribusi air bersih tersebut kurang berjalan lancar.

“Bagaimana kita akan mengajari anak kita untuk kesehatan sementara begi­nilah keadaan di sekolah kita, masih kekurangan air bersih,” sebutnya.

Kekurangan air bersih tersebut, tukuk Ahmat Na­wawi, berakibat pada sulit­nya untuk mencuci tangan dan membersihkan buang air besar dan kecil.

“Kita membutuhkan salu­ran air bersih, kalau bisa di­akomodir dengan PDAM di sekolah, maka sangat prioritas sekali.

Kendala sulitnya air bersih ini membuat siswa-siswi tidak konsentrasi da­lam belajar karena bau dari WC sangat kencang ketika ditiup angin. Jika anak-anak disuruh keluar lingkungan sekolah takutnya mengha­biskan waktu karena jarak yang jauh dari lokasi seko­lah,” harapnya. (h/col)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 April 2020 - 16:47:51 WIB

    Bantu Warga Terdampak Covid-19, UPT SDN Model 06 Pauh Bagikan 55 Paket Sembako

    Bantu Warga Terdampak Covid-19, UPT SDN Model 06 Pauh Bagikan 55 Paket Sembako PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - UPT SD Negeri Model 06 Pauh, Nagari Pauh, Kecamatan Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, membagikan 55 paket sembako, sebagai bentuk kepedulian terhadap warga terdampak pandemi virus Corona (Covid-19).
  • Sabtu, 11 April 2020 - 12:25:04 WIB

    Peduli Wabah Corona, SDN 19 Kampung Baru Bantu Keluarga Siswa Tak Mampu

    Peduli Wabah Corona, SDN 19 Kampung Baru Bantu Keluarga Siswa Tak Mampu PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Di tengah mewabahnya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Sekolah Dasar Negeri (SDN) 19 Kampung Baru Pariaman berhasil kumpulkan 1 ton beras untuk diberikan kepada siswa kurang mampu..
  • Ahad, 08 September 2019 - 15:42:32 WIB

    Gudep Pramuka SDN 04 Birugo Bertolak ke Bogor

    Gudep Pramuka SDN 04 Birugo Bertolak ke Bogor BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Setelah melalui tahap penilaian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kwartir Nasional (Kwarnas), Gugus Depan (Gudep) Pramuka SDN 04 Birugo Bukittinggi mewakili Provinsi .
  • Jumat, 13 Oktober 2017 - 01:21:39 WIB

    Kawanan Pencuri di SDN 23 Sungai Tarap Dibekuk Polisi

    Kawanan Pencuri di SDN 23 Sungai Tarap Dibekuk Polisi TANAH DATAR, HALUAN - Empat orang pelaku pencurian di SDN 23 Sungai Tarab beberapa watu lalu akhirnya ditangkap Satreskrim Polsek Sungai Tarab. “Empat pelaku itu, masing-masing AF, AB, Y dan YF yang semuanya warga Batusang.
  • Kamis, 08 Desember 2016 - 01:13:45 WIB

    Longsor di Nagari Limo Koto Ancam Keselamatan Murid SDN 10

    Longsor di Nagari Limo Koto Ancam Keselamatan Murid SDN 10 PASAMAN, HALUAN — Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama meminta pihak PU dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat segera mengeruk tebing Bukit Kasiak, agar tidak mengancam bangunan Gedung SD Negeri 10 Batu Badin.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]