SKPD Diminta Percepat Pelaksanaan Proyek


Kamis, 10 September 2015 - 18:49:56 WIB

Ditegaskan, SKPD diminta untuk tidak menun­da-nunda lagi pelaksanaan pekerjaan. Apalagi sampai asal-asalan mengerjakannya. Kalau memang tenaga atau pekerjanya kurang ulas Syafei, dia menyarankan untuk segera dilakukan penam­bahan pekerja, serta penambahan waktu kerja.

“Sebagai pelaksana teknis, kepala SKPD atau pejabat yang ditunjuk untuk itu juga harus mela­kukan pengawasan. Tidak hanya menerima laporan dari konsultan. Turun ke lapangan. Tinjau dan lihat dari dekat apakah pekerjaan itu sesuai atau tidak dengan kontrak yang ada,” imbuhnya.

Syafei berharap, seluruh kegiatan pembangunan tahun ini baik yang bersumber dari APBD Pasaman, APBD provinsi dan APBN, dapat diselesaikan sesuai waktu yang ditetapkan. Sehingga pembangunan tersebut dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sementara penyerapan APBD Kabupaten Dharmasraya tahun 2015, sudah mencapai 73 persen. Namun pada akhir tahun anggaran akan berakhir, angka serapan akan naik drastis.

“Penggunaan anggaran APBD tahun 2015 efektifnya tinggal empat bulan lagi, memasuki tri wulan ke tiga, porsentasenya sudah mencapai 73 persen, namun angka tersebut akan naik drastis pada tri wulan terakhir,” kata Pj.Bupati Dhar­masraya melalui Kabag Humas Setkab Dhar­masraya, Budi Waluyo, kepada Haluan kemarin.

Ia mengakui angka serapan tersebut masih belum terlalu besar, pasalnya masih banyak proyek besar yang belum tuntas pengerjaannya, hal ini sangat mempengaruhi besaran porsentase serapan anggaran.

Namun demikian katanya, Pj.Bupati Dhar­masraya, Drs.H.Syafrizal Ucok, ketika me­nyambangi DPPKD, beberapa waktu lalu sekaligus memimpin apel pagi menegaskan kepada Kepala DPPKD, Palawasita, agar untuk pencairan dana, persyaratan SPJ agak di kendorkan sedikit.

Karena katanya, penurunan persyaratan SPJ da­ri 75 persen menjadi 60 persen tidak menyalahi atu­­ran. Lagi pula katanya, dengan beredarnya uang akan menggerakkan ekonomi yang sudah melemah ini. Dikatakan Budi, bupati juga meminta kepada Kepala DPPKD beserta jajaran, agar tidak mempersulit segala urusan masyarakat termasuk SKPD yang akan mencairkan dana. “Selagi tidak menyalahi aturan, segera cairkan dana APBD tersebut,” kata Budi Waluyo menirukan ucapan bupati.

Kumpulkan SKPD

Menyikapi masih rendahnya serapan APBD Kota Padang Panjang hingga memasuki triwulan ke IV 2015 yang masih berkisar di angka 39 persen, Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis langsung mengumpulkan seluruh pimpinan SKPD di lingkungan pemerintah daerah setempat, Kamis (10/9). Selain pejabat eselon II, walikota juga mengumpulkan seluruh pejabat eselon III.

“Walikota sengaja mengumpulkan pejabat SKPD untuk memberikan penegasan, bahwa SKPD tidak perlu ragu-ragu menyelenggarakan kegiatan. Asal sudah sesuai dengan keten­tuan perundang-undangan yang berlaku, agar dilan­jutkan,” kata Hendri Arnis melalui Kabag Humas Setdako Padang Panjang Ampara Salim.

Lebih lanjut dikatakan, bila serapan anggaran tetap sedikit, maka di akhir tahun akan me­numpuk menjadi SILPA. Dengan demikian, pekerjaan otomatis tidak terlaksana sesuai dengan target semula.

Untuk mengatisipasi rendahnya serapan APBD daerah, masing-masing SKPD hendaklah saling mendukung memberi tahu kawannya. “Jika ada yang belum paham bertanyalah kepada yang lebih tahu. Sebaliknya, terhadap yang punya ilmu tolong tunjukkan kawannya yang masih ragu-ragu menye­lenggarakan kegiatan ini,” jelasnya.

Disampaikannnya, walikota juga meminta jajaran kabinetnya harus solid dan bersatu dalam membangun Padang Panjang. “Jangan ada yang berkhianat. Kalau ada yang tampak berkhianat agar segera diberitahu, supaya dia tidak mengganggu jalannya pemerintahan. Membangun Padang Panjang berarti membangun Sumbar, membangun Sumbar berarti membangun Indonesia,” tegas Hendri. (h/col/mdi/mg-pis)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 01:09:26 WIB

    SKPD se Agam Bersihkan KJA Danau Maninjau

    SKPD se Agam Bersihkan KJA  Danau Maninjau Agam,Haluan — Gera­kan Penyelematan Danau Maninjau juga dilakukan di dadaratan dengan membuka dan meningkatkan usaha ekonomi masyarakat sekitar danau sehingga mereka ti­dak lagi terfokus kepada usaha Keramba Jala Apu­ng(.
  • Sabtu, 24 September 2016 - 03:12:16 WIB

    Belanja SKPD Payakumbuh Dipangkas

    Belanja SKPD Payakumbuh Dipangkas PAYAKUMBUH, HALUAN — Walikota Payakumbuh, Riza Falepi menyampaikan pengantar nota keuangan perubahan APBD Payakumbuh 2016, dalam sidang Paripurna DPRD setempat, Jumat kemarin..
  • Kamis, 08 September 2016 - 21:50:23 WIB

    Wah, Gubernur akan Evaluasi 8 Kepala SKPD di Sumbar.

    Wah, Gubernur akan Evaluasi 8 Kepala SKPD di Sumbar. PADANG, HALUAN – Gubernur Sumbar Irwan berjanji akan mengevaluasi 8 Kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Sumbar. Evaluasi terkait penilaian Komisi Informasi (KI) Sumbar yang menyebut, ada delapa.
  • Ahad, 04 September 2016 - 18:21:51 WIB

    Gubernur Harus Jewer 8 SKPD

    Gubernur Harus Jewer 8 SKPD Secara keseluruhan, ada 48 SKPD yang serahkan kuisioner. Ada 40 SKPD yang mengembalikan. Delapan SKPD yang tidak mengembalikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pertanian, Dinas ESDM, Sat Pol .
  • Senin, 29 Agustus 2016 - 11:24:53 WIB

    Sejumlah SKPD di Pasaman Bakal Dirombak

    PASAMAN, HALUAN — Sejumlah SKPD di lingkup Pemkab Pasaman akan mengalami perombaka,n me­nyusul terbitnya Peraturan Pe­me­rintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah atau SOTK. PP tersebut langsung d­ires­p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]