KPU Miliki 20 Hari Perbaiki Data Pemilih


Kamis, 10 September 2015 - 18:50:28 WIB

"Kemudian Dapil tiga Kecamatan Sutera dan Lengayang, Dapil empat Ranah Pesisir dan Linggo Saribaganti serta Dapil lima eks Pancung Soal," katanya.

Disebutkan Lili Suarni, jumlah pemilih pada DPS 311 ribu lebih  merupakan hasil Pleno KPU Pessel. Dalam peluncuran ini juga dilakukan uji petik pemilih di Sistem Daftar Pemilih KPU.

"Selanjutnya, untuk perbaikan DPS tersebut PPK, PPS dan petugas di lapangan memiliki waktu selama 20 hari semenjak DPS dilaunching. PPS juga akan lakukan uji petik data pemilih," ungkapnya.

Menurutnya, petugas, walinagari dan masyarakat harus bekerjasama me­mas­tikan ada atau tidaknya warga yang sudah punya hak memilih di DPS. Jika ada yang belum terdaftar maka segera laporkan ke petugas validasi data pemilih menjelang ditetapkannya daftar pemilih tetap (DPT) yang rencananya akan di plenokan KPU 2 Oktober depan.

Ditambahkannya, kegiatan peluncuran DPS bertujuan untuk memberitahu pe­nyelenggara dan warga tentang data pemilih. Sementara, kegiatan tersebut se­lain mengundang para camat, walinagari, tokoh masyarakat juga mengundang tim pemenangan pasangan calon supaya ada masukan dari mereka terhadap daftar pemilih.

Berdasarkan pantauan Haluan di UDKP Sutera, tidak tampak satupun tim pemenangan. Sepertinya tim pe­me­nangan tidak tertarik untuk urusan data pemilih tersebut, meskipun ke­ha­di­rannya penting. Bangku yang disiapkan panitia hanya diisi PPK, PPS dan wa­linagari.

Pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan maju tersrsebut adalah pasangan Hendrajoni-Rusma Yul Anwar, Alirman Sori -Raswin dan pasangan Editiawarman-Bakri Bakar dan Bur­hanuddin-Novril Anas. (h/har)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 19 September 2020 - 18:36:21 WIB

    Hari Ini, KPU Mentawai Launching Pengumuman DPS

    Hari Ini, KPU Mentawai Launching Pengumuman DPS HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Mentawai hari ini, Sabtu, (19/09) melaunching pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) bertempat di Aula Hotel Jelita, Jalan Raya Tuapejat Km 0, Keca.
  • Sabtu, 19 September 2020 - 14:52:22 WIB

    Staf KPU Dharmasraya Dikabarkan Positif Covid-19, Uji Publik DPS Dibatalkan

    Staf KPU Dharmasraya Dikabarkan Positif Covid-19, Uji Publik DPS Dibatalkan HARIANHALUAN.COM - Dikabarkan salah seorang staffnya positif terpapar virus Covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, membatalkan mendadak kegiatan Launching Daftar Pemilihan Sementara (DPS).
  • Jumat, 18 September 2020 - 15:33:06 WIB

    Tangkal Berita Hoax, KPU Mentawai Rangkul Media

    Tangkal Berita Hoax, KPU Mentawai Rangkul Media HARIANHALUAN.COM - Uapaya menangkal berita hoax di sosial media menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Mentawai merangkul media baik me.
  • Ahad, 13 September 2020 - 09:49:05 WIB

    KPU Buka Rekrutmen Relawan Demokrasi 

    KPU Buka Rekrutmen Relawan Demokrasi  HARIANHALUAN.COM - Bantu kelancaran pemilihan serentak tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, membuka pendaftaran atau rekrutmen anggota relawan demokrasi (Relasi)..
  • Jumat, 04 September 2020 - 13:50:49 WIB

    Tak Patuhi Putusan Pengadilan, Fauzan Haviz Layangkan Surat Peringatan Kedua Ke KPU Bukittinggi

    Tak Patuhi Putusan Pengadilan, Fauzan Haviz Layangkan Surat Peringatan Kedua Ke KPU Bukittinggi HARIANHALUAN.COM - Tidak mengindahkan surat peringatan pertama, akhirnya Fauzan Haviz melayangkan surat peringatan kedua kepada KPU Bukittinggi terkait dengan Putusan Pengadilan Negeri (PN) Kelas I A Padang No. 108/Pdt.G/2018.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]