Tiga Nama Pejabat Terbaik Peserta Lelang Jabatan Diumumkan


Kamis, 10 September 2015 - 18:59:56 WIB

“Untuk masing-masing SKPD dipilih tiga nama terbaik menurut Pansel.

Dan nama-nama itu su­dah kami serahkan kepada wali kota,” terangnya.

Koordinator Bidang Hu­kum dan Pemantau Ke­bija­kan Publik LSM Solidaritas Peduli Anak Nagari (Sopan) Sumbar, Okdonald menga­takan, dari seluruh ka­bu­paten kota di Sumbar, Kota Padang merupakan satu-satunya yang sudah men­jalan­kan sistem lelang jaba­tan. Seharusnya, hal itu me­m­buat Padang menjadi kota percontohan dengan cara menjalankan sistem lelang sesuai aturan dan jangan hanya sekedar lips service belaka.

“Bukti lelang jabatan yang dilakukan Pemko Pa­dang hanya sekedar lips service sudah bisa dilihat dari hasil lelang sebelumnya, karena orang-orang yang menduduki posisi kadis hasil lelang saat ini bahkan sudah diprediksi sebelum proses lelang dilaksanakan,” ujarnya.

Efek negatif dari lelang jabatan yang tidak sesuai atauran tersebut atau yang sering disebut sebagai lelang abal-abal oleh Ok­do­nal adalah semakin me­nurun­nya minat ASN untuk me­ngi­kuti proses lelang itu sendiri.

“Banyak kandidat me­mi­lih mundur sebelum per­tan­dingan, padahal secara kom­petensi mereka memiliki kemampuan yang memadai. Ya, itu karena tidak adanya kepercayaan terhadap pro­ses lelang tersebut,” sebut Okdonal.

Hal tersebut sudah di­buk­tikan dengan di­per­pan­jang­nya waktu pendaftaran untuk tiga SKPD yang di­lelang terakhir.

“Waktu pendaftaran di­per­panjang karena memang orang sudah tidak percaya lagi akan sistem lelang yang bersih dan sesuai aturan. Buat apa ikut lelang kalau yang akan duduk sudah je­las,” tambahnya.

Selain menyoroti sistem lelang, Okdonald juga tidak lupa memberikan ko­men­tar­nya mengenai belum di­lantik­nya dewan pengawas PDAM.

“Bahkan siapa-siapa na­ma yang diajukan sebagai pengawas PDAM tidak ada yang tahu. Nama-nama ter­sebut hanya diketahui oleh pihak pemerintahan. Masya­rakat seharusnya diberi ke­ter­bukaan informasi,” tutup Okdonald.

Menanggapi hal itu, Az­rizal selaku Wakil Ketua DPRD Kota Padang be­ra­sum­si bahwa prsoses lelang jabatan yang dilaksanakan Pemko Padang sudah baik. Karena orang-orang yang ikut lelang dipilih Pansel memalui beberapa me­ka­nisme untuk kemudian di­aju­kan kepada wali kota sebagai pembuat keputusan.

“Untuk hasilnya, nanti bisa kita lihat bagaimana kinerja kadis-kadis yang dipilih melalui pansel ini. Mestinya mereka harus le­bih baik. Untuk peserta le­lang yang sudah dipilih Pan­sel juga harus siap, baik itu yang nantinya ditunjuk wali kota maupun yang tidak. Jadi harus saling berlapang dada,” ujarnya. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]