Panpel TdS Ngaku Sudah Siap


Jumat, 11 September 2015 - 19:02:32 WIB

Hal tadi disampaikan Sudirman, sekaligus untuk menjawab informasi yang disampaikan PHRI terkait akomodasi penginapan yang belum ready meskipun tiga minggu lagi TdS akan dilaksanakan.

”Untuk penginapan, pada prinsipnya sudah tak ada masalah. Saat ini kita tengah melihat kelayakan dan hotel-hotel mana saja yang akan dipakai. Meskipun belum finish, kami akan pastikan ini segera. Kami target dalam minggu ini penginapan telah final,” jelas Sudirman.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Sumbar, Burhasman Bur   juga memastikan persiapan helat TdS hanya tinggal peram­pungan saja.  Disampaikannya,  persiapan telah di atas 90 persen. Baik itu fisik maupun non fisik. Untuk fisik, saat ini tinggal perbaikan di beberapa ruas jalan di Kabupaten Sijunjung dan Solok Selatan.

“Hanya tinggal finalisasi saja.  Kalau untuk penginapan, saat ini kita tengah mensurvey venue atau hotel mana saja yang akan dipakai. Dalam waktu dekat ini juga akan segera tuntas” papar Burhasman, usai rapat kerja persiapan TdS  dengan  Komisi V DPRD Sum­bar dan Dinas Pariwisata se-Sumbar,  Kamis (10/9).

Ditambahkannya,  sejauh ini koordinasi dengan semua pihak di kabupaten/kota telah berjalan sebagaimana mestinya. Kabu­pa­ten/kota telah diminta untuk menyiapkan segala hal yang strategis semaksimal mungkin. Sehingga iven tahunan ini berja­lan lancar, aman dan mendapat­kan hasil yang baik.

“Karena TdS ini adalah me­dia untuk mempromosikan pari­wisata Sumbar ke dunia luar. Selain kegiatan balap yang akan menjadi ikon utama, pada setiap kabupaten kota yang dilalui juga akan disajikan  berbagai pertun­jukan sesuai dengan ciri khas masing-masing daerah,” katanya lagi.Lebih lanjut ia juga menyebut, pada TdS kali ini seluruh

kabupaten/kota, termasuk Mentawai akan ikut dilibatkan. Khusus untuk mentawai meski tak dilewati oleh rute yang dile­wati, mereka juga akan ikut serta memeriahkan TdS dengan me­nampilkan kesenian yang ada di daerah tersebut.

Menurut dia,  untuk Infra­struktur jalan, secara umum kualitas jalan di Sumbar baik dan aman untuk dilewati. Tambal sulam untuk mengantisipasi lu­bang di jalan sudah selesai hingga pebalap sepeda nanti tidak perlu khawatir. Di Kabupaten Sijun­jung tinggal tahap betonisasi di beberapa titik. Sedangkan di Solok Selatan ada peninggian badan jalan yang rawan banjir.

“Mudah-mudahan September 2015 ini semua sudah selesai 100% dan siap untuk digunakan oleh para pembalap dunia terse­but,” tutur Burhasman.

Ia menerangkan TdS 2015 akan mengambil star di Carocok Pesisir Selatan. Untuk ini grand star etape I dilakukan di Pesisir Selatan kemudian para pebalap sepeda akan melewati Padang dan berakhir di Pariaman. Rute yang dilalui sepanjang 136 kilometer.

Selanjutnya, Etape kedua, Minggu (4/10), TdS akan melalui rute sepanjang 120 kilometer dimulai dari Pantai Tiram, Pa­dang Pariaman dan berakhir di Danau Singkarak, Solok. Jalur yang harus ditempuh para peserta yaitu, Pantai Tiram - Lubuk Alung - Padang - Sitinjau Laut - Lubuk Selasih - Solok Kota - Sumani - Dermaga Danau Singkarak.

Hal ini akan terus berlangsung hingga etape terakhir atau etape kesembilan yang akan dilaksana­kan  Minggu (11/10). Pada etape terakhir, TdS akan melalui rute sepanjang 110 kilometer. Rute dimulai dari Secata, Padang Pan­jang dan berakhir di Pantai Padang.

Menanggapi ini, Ketua Ko­misi V DPRD Sumbar, Mockh­lasin meminta pemerintah Pro­vin­si Sumatra Barat sebagai leading sektor penyelengara event agar segera mematangkan persia­pan di semua bidang terkait.

Diingatkannya, persiapan hendaknya dilakukan  benar-benar maksimal. Sehingga dapat memberikan dampak positif di semua bidang. Terutama pada peningkatan sektor pariwisata yang akan bedampak pada pe­ngeliatan ekonomi masyarakat.

“Kita melihat background masyarakat Sumbar adalah pengu­saha dan pedagang. Jadi iven ini hendaknya dapat memacu masya­rakat menghidupkan usaha eko­no­mi kreatif sehingga terciptalah industri-industri rumah tangga yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat kecil dan me­nengah, “sebutnya.

Dia menilai, banyak hal positif yang dihasilkan dari iven TdS ini. Salah satunya juga ada­lah, akan bisa meningkatkan jumlah kun­jungan wisata dari tahun ketahun. Namun, jika tak disiapkan dengan maksimal tentu tak membuah­kan hasil yang baik.

“Maka dari itu kami meng­himbau, baik pemprov, pemda kabupaten/kota untuk mem­persiapkan segala sesuatunya demi kelancaran iven TdS ini, “ pungkas Mockhlasin.

Sementara, Wakil Ketua Ko­misi V, Armiati mengatakan,  saat ini TdS sudah masuk 7 dari even dunia yang dilaksanakan setiap tahunya. Ini adalah suatu kebanggaan bagi Sumbar.

“Kita harap kebanggan ini bukan hanya pada level atas saja. Namun, juga memberikan dam­pak yang positif bagi masyarakat bawah, “ harap Armiati.

Untuk TdS 2015, selain akan melibatkan 36 negara, hadiah yang disiapkan dalam perlom­baan bergengsi ini juga tak tang­gung-tanggung. Totalnya adalah  Rp 1,4 Miliar. Pada tahun ini (2015, red) iven akan dilangsung selama 9 hari dengan 9 stage. Adapun jarak tempuh yang akan dilalui adalah 1300 kilo meter. Iven TdS kali ini sedikit berubah dari tahun 2014 lalu,  dimana jarak tempuh hanya 1.250 kilo meter dengan hadiah Rp1,3miliar. (h/mg-len)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]