Percepat Penyerapan Dana Desa


Ahad, 13 September 2015 - 18:39:40 WIB
Percepat Penyerapan Dana Desa

Dikatakan  lebih lanjut, dalam melaksanakan kegia­tan pengadaan barang dan jasa di tingkat Nagari, ia mengadopsi Program Nasio­nal Pemberdayaan Masya­rakat (PNPM). Dengan hara­pan partisipasi dan swadaya dari masyarakat.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 114, Sembuh 92, dan Meninggal Dunia 1 Orang

Selama masyarakat tetap solid dalam melakukan ke­gia­tan, semua kegiatan yang telah direncanakan dengan mudah diselesaikan. “Me­nurut pengamatan saya, dari sepuluh Jorong yang ada dan dengan dengan jumlah pen­duduk berkisar 14.000 orang,” tambah Ari.

Ari Hendratno me­nga­takan, untuk antisipasi per­soalan hukum ia akan ber­pijak pada landasan hukum yang ada seperti, Peratutan Bupati (Perbub) No.16 Ta­hun 2015 tentang penga­daan barang dan jasa di Na­gari. Sebelumnya, peme­rintah tingkat Provinsi Su­ma­tera Barat (Sumbar) dan tingkat Kabapaten Solsel telah mengadakan pem­bi­naan mengenai penggunaan dana desa.

Baca Juga : Update Zonasi Covid-19 di Sumbar Minggu Ke-57, Kabupaten 50 Kota Jadi Zona Merah

Berdasarkan Peraturan Nagari Tahun 2015 tentang Ang­garan Pendapatan Be­lanja (APB) Nagari, dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat dan Tim Penge­lola Kegiatan (TPK) secara teknis ia optimis menun­taskan pengerjaan. “Dengan melibatkan, Bamus, tim pendamping Kecamatan, Fasilitator, TPK. Sedangkan, konsultan perencanaan dari unsur masyarakat yang ahli dibidangnya maka, pem­bangunan Nagari akan tun­tas seperti keinginan kita semua,” ulas Ari.

Sebelumnya dalam kon­frensi pers pada Senin (7/9) di Jakarta, Menteri Pemba­ngunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar menegaskan bahwa, pihaknya telah melakukan terobosan dengan mengi­rimkan panduan terkait pe­nga­­daan barang dan jasa di de­sa. “Sehingga dana desa ta­hap pertama tahun 2015 bisa segera dibelanjakan se­suai dengan Rencana Pem­bangu­nan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Ran­cana Kerja Pemerintahan Desa,” dijelaskan Marwan. (h/jef)

Baca Juga : Antisipasi Karhutla, Sumbar akan Tambah Alat Gurdian

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]