Lima Nagari Telah Mengajukan ke BPKAD


Ahad, 13 September 2015 - 18:41:48 WIB

“Aturan dan petunjuk pencairan dana desa sudah ada, begitu juga petunjuk teknis tentang penggunaan dana yang akan diperoleh sebanyak 79 nagari di K­a­bupaten Limapuluh Kota itu, namun sampai saat ini masih terkendala dengan RAPB Nagari,” ungkap Sek­retaris DPKAD, Yunasman yang dihubungi di kantorya beberapa hari yang lalu.

Saat ini, tercatat baru lima nagari yang sudah me­m­asukkan dokumen dan RAPB Nagari untuk die­valuasi yaitu, Nagari Talang Anau Kecamatan Gunung Omeh, Nagari Tanjung Balik Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Simpang Kapuk Ke­camatan Mungka, Kurai Ke­camatan Suliki dan Baruah Gunung Kecamatan Bukik Barisan.

Dikatakan, untuk Nagari Baruah Gunung, sudah di­ter­­bitkan keputusan bu­pa­tinya. Sementara 4 nagari lagi yang sudah mengajukan dengan mengirimkan do­kumen persyaratannya ke BPKAD sedang dievaluasi kelengkapan berkasnya. Ma­sih ada puluhan nagari lagi yang tengah ditunggu pengajuan persyaratan pen­cairan dana desa.

Menurut dia lagi, dana desa yang diperuntukkan bagi 79 nagari yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota itu, sudah ada di kas daerah. Totol dana yang akan disa­lurkan Pemkab Limapuluh Kota, untuk nagari tersebut, tahun ini hampir mencapai sebesar Rp19 miliar. Setiap Nagari akan menerima dana desa antara Rp250 juta hing­ga Rp400 juta.

Karena itu, lanjutnya, pemerintahan nagari beserta perangkatnya dan Bamus Nagari perlu sesegeranya membuat RAPB Nagari, kalau belum ada. Sebab akan ada sanksi bila nagari tak sanggup mencairkan dana tersebut. Tapi, ia tidak merinci, sanksi apa yang akan diberikan ke nagari bila tak mencairkan.

Kepala Badan Pem­ber­dayaan Masyarakat (BPM) Syahrial Amri, yang dihu­bungi terpisah sebelumnya mengakui, dana desa di Ka­bupaten Limapuluh Kota, belum ada yang cair, walau dananya sudah tersedia di kas daerah. Agar pencairan dana desa tahap pertama bisa tuntas pemerintahan nagari beserta perangkatnya perlu proaktif. Apabila da­lam proses evaluasi dinya­takan lengkap, maka nagari tersebut bisa mencairkan dana desa. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]