Kaderisasi Pelaku Seni Harus Berkesinambungan


Ahad, 13 September 2015 - 18:45:22 WIB

“Apresiasi karya seni sudah menjadi program ka­mi di bidang seni dan kebu­dayaan. Sebelumnya juga telah dilakukan beberapa kegiatan serupa, dan masih akan terus berlanjut untuk ke depannya. Pada apresiasi seni kali ini, kami memberi kesempatan kepada Sanggar Tari Alang Babega yang beranggotakan anak-anak dan remaja, untuk unjuk kebolehan dalam menari kreasi,” kata Gatot.

Mengenai teknis ke­gia­tan, Kepala Seksi Pembinaan Kesenian dan Diplomasi Budaya, Wismi Lusita mene­rangkan, diberikannya ke­sem­patan kepada Sanggar Alang Babega merupakan bentuk apresiasi pada sang­gar yang telah melakukan pembinaan kesenian tari pada anak-anak dan remaja secara berkesinambungan tersebut.

“Selain pertunjukan seni tari kreasi, sebagai selingan juga ditampilkan fashion show cilik, pertunjukan seni musik serta olah vokal. Un­tuk seni tari kreasi, beberapa grup tari dari Sanggar Alang Babega yang beranggotakan anak-anak dan remaja me­nampilkan berbagai jenis tari kreasi seperti tari pa­yuang, tari saiyo dan lain sebagainya,” jelas Wismi.

Beberapa waktu ke de­pan, lanjut Wismi, Kemen­terian Pendidikan dan Ke­budayaan (Kemendikbud) akan menggelar festival seni tari tingkat nasional. Diha­rapkan utusan Sumbar nan­tinya dapat berprestasi, seba­gaimana yang ditunjukkan utusan Sumbar pada festival seni musik dan teater tingkat nasional beberapa waktu lalu yang berhasil masuk lima besar.

“Bulan lalu kami me­ngirim dua grup kesenian, musik dan teater, pada fes­tival tingkat nasional. Tidak ada pemeringkatan dalam festival tersebut, namun keduanya berhasil masuk lima besar. Nanti pada fes­tival seni kita tentu ingin capaian yang serupa,” tutup Wismi. (h/mg-isq)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]