Pelantikan Pj Bupati Walikota Ditangguhkan


Ahad, 13 September 2015 - 18:57:23 WIB

“Gubernur berangkat pada tanggal 16 September dengan penerbangan khusus. Dan diperkirakan kembali ke Jakarta pada 29 Sep­tember. Baru pada tanggal 30 September akan me­lakukan pelantikan. Itu akan dipadatkan pelantikan se­mua Pj bupati, acaranya disusun dari pagi hingga sore,” tuturnya.

Daerah yang di­tang­gu­h­kan pelantikannya, seperti Kabupaten Pasaman yang saat ini sudah dijabat Sekda Pa­saman, A Syafei tetap me­nunggu Pj Bupati yang baru setelah Rosman Effen­di gagal dilantik karena status ter­sangka yang di­sandangnya.

Tiga derah lainnya yang juga terkena penangguhan ini yaitu, Kabupaten Pesisir Selatan yang masa jabatan kepala daerahnya habis pada 17 September, Kabupaten Sijunjung yang masa jabatan kepala daerahnya habis pada 22 September dan Ka­bu­paten Tanah Datar yang masa jabatan kepala daerahnya habis 26 September 2015.

“Untuk solusi sampai dilantiknya Pj Bupati/Wa­likota ini daerah tersebut akan dipimpin oleh Sekda masing-masing,” ujarnya.

Nama Pj Ditutup Rapat Pj Gubernur

Sementara untuk nama-nama Pj yang akan dilantik menjadi penerus roda peme­rintahan sampai terpilihnya Bupati/Walikota defenitif ditutup rapat Pj Gubernur. Untuk mengisi jabatan dae­rah yang kosong tersebut sebelumnya Pj Gubernur telah melakukan seleksi terbuka terbatas.

Reydonnyzar Moenek menuturkan, seorang Pj Bu­pati dan Pj Wali Kota harus matang secara substansif, lulus dan memiliki kua­lifikasi secara administratif dan matang secara sikap. “Namun sayang, ada yang tak pernah melakukan pe­nga­yaan jaba­tan di situ saja dari awal.  Padahal pe­nga­yaan jabatan dan riwayat jabatan sangat penting bagi seorang dalam memimpin,” terangnya ke­marin.

Seorang memimpin kata Donny, adalah pamong yang harus bisa ngomong, artinya harus memiliki kecakapan. Sehingga apapun yang dita­nyakan, yang bersangkutan bisa menjawab.

“Ada ASN yang me­ngi­kuti seleksi terbuka secara substansif bagus tapi dari segi kepangkatan tak me­menuhi persyaratan. Ta­pi, ada yang secara secara ke­pang­katan memenuhi sya­rat, namun dari segi ad­ministratif dan sikap tak memenuhi syarat,” ujarnya.

Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri ter­sebut mengaku tak dapat membocorkan namanya. “Pokoknya dari A sampai Z lah. Ia harus memiliki ke­mampuan dalam ad­minis­trator pemerintahan dan kemasyarakatan. Paling sulit itu jadi administrator peme­rintahan. Jam berapapun bila masyarakat membutuh­kan harus siap,” katanya.

Nama-nama lain yang juga berpeluang menjadi Pj Bupati/Walikota seperti, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dis­na­kertrans) Sumbar, Sofyan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dis­perin­dag) Sumbar, Mudrika, Asis­ten II Setdaprov Sumbar, Syafruddin, Asisten III Set­da­p­rov Sumbar, Sudirman Gani dan Kepala Dinas Pari­wisata Sumbar, Burhasman.

Selanjutnya, Staf Ahli Gu­bernur Bidang Pe­­me­rintahan, Jefrinal, dan Staf Ahli Bidang Keungan, Han­sastri, Kepala Badan Keta­hanan Pangan, Effendi dan Kepala Dinas Kehutanan Sumbar, Hendri Oktavia. (h/mg-isr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Mei 2019 - 11:50:44 WIB

    Acara Seharian, Ini Agenda Pelantikan Walikota-Wakil Walikota Padang Besok

    Acara Seharian, Ini Agenda Pelantikan Walikota-Wakil Walikota Padang Besok PADANG, HARIANHALUAN.COM – Puncak pesta demokrasi masyarakat Kota Padang pada Pilkada serentak lalu digelar besok, Senin (13/5) yaitu pelantikan pasangan walikota terpilih. Panitia pelaksana pelantikan yakni Pemprov Sumbar .
  • Sabtu, 11 Mei 2019 - 21:11:15 WIB

    Pelantikan Mahyeldi – Hendri Septa Digelar Senin Pagi di Aula Gubernuran

    Pelantikan Mahyeldi – Hendri Septa Digelar Senin Pagi di Aula Gubernuran PADANG, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 150 undangan tamu untuk menghadiri pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang terpilih, Mahyeldi Ansharullah dan Hendri Septa sudah disebarkan. Pemko Padang mendapatkan jatah 100 undan.
  • Rabu, 17 Februari 2016 - 03:56:35 WIB
    12 Kepala Derah Dilantik Hari ini

    Pelantikan Muzni Menyusul

    Pelantikan Muzni Menyusul 12 kepala daerah di Sumbar dilantik hari ini. Setelah itu menyusul pelantikan Bupati Solok Selatan terpilih Muzni Zakaria yang berpasangan dengan Abdul Rahman..
  • Selasa, 16 Februari 2016 - 03:16:50 WIB

    Pelantikan Sekwan Hendaknya Prioritas

    PADANG, HALUAN — Wa­kil Ketua DPRD Sumbar Guspardi Gaus meminta Gubernur Irwan Prayitno untuk memprioritaskan pe­lan­tikan Sekretaris Dewan (Sekwan) yang defenitif. Menurutnya, hal ini penting untuk kelancaran tugas de­.
  • Rabu, 27 Januari 2016 - 04:44:22 WIB

    Pelantikan 2 SKPD Terhadang Izin

    PADANG, HALUAN — Rencana Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek untuk melantik dua kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hasil seleksi jabatan harus terganjal izin Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan r.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]