FMA-SDM Ancam Tutup PLTA Maninjau


Ahad, 13 September 2015 - 18:58:10 WIB

Ia menjelaskan, hak kon­s­­­­­titusi masyarakat adat me­nurut peraturan adat pro­vinsi Sumatera Barat dengan butir-butir 1 Perda Provinsi Su­matera Barat Nomor 2 Tahun 2007 tentang Pokok-pokok Pemerintahan Na­gari pasal 16 huruf d berbunyi, Tanah, Hutan, Kolam dan Laut yang menjadi ulayat Nagari.

“Sangat banyak pera­turan yang mendukung ma­syarakat menerima kontri­busi dari pemanfaatan air danau Ma­ninjau oleh PLTA. Misalnyal Undang-Undang no 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar pokok Ag­ra­­ria pasal 2 ayat 1, pasal 2 ayat 4, pasal 3 dan pasal 5. Juga Undang-Un­dang no 7 tahun 2004 ten­tang sumber daya air. Kena­pa PLTA ti­dak meberikan kon­tri­bu­sinya kepada ma­sya­rakat,” katanya.

Rajo Bintang juga me­ngan­cam  bakal meng­ge­rak­kan FMA-SDM, Keca­matan Tanjung Raya Ka­bupaten Agam, untuk me­nutup serta melarang PL­TA  ber­ope­rasi  me­makai air danau Ma­ninjau. Ia me­ngaku tidak main-main de­ngan ucapan ter­sebut. Rajo menilai pihak PLTA mela­kukan kongkalingkong se­hingga Pemda tidak mampu menyelesaikan pe­r­soalan yang telah sekian tahun lamanya ditun­tut masyarakat.

Manajer PLTA Maninjau, Das­­­ril mengatakan, pihak PLTA bersama FMA-SDM telah mem­bi­carakan hal itu dengan DPRD Agam pada pekan lalu. Dalam pertemuan tersebut mim­bica­rakan tetang hak-hak mereka. Namun hingga sekarang belum ditemukan titik terang. Ia me­ngaku juga sudah memberikan penjelasan kepada masyarakat sekitar danau. (h/yat)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]