Baru Selesai, Digali Lagi untuk Pipa PDAM


Senin, 14 September 2015 - 18:12:43 WIB

“Kita menyayangkan ter­jadinya pasang bongkar pro­yek infrastruktur jalan rabat beton yang telah selesai dikerjakan itu. Apakah sebe­lum dilakukan pembong­karan pinggir jalan tidak dilakukan koordinasi sesa­ma instansi terkait terlebih da­hulu,” ungkap Sekretaris Komisi B Edwar DF mem­per­tanyakan ketika diminta komentarnya, Senin kemarin.

Dikatakan, mutu proyek pembangunan infrastruktur tidak terlepas dari perenca­naan yang matang. Bila di­ren­canakan dengan baik maka hasilnya akan baik juga. “Kita tidak tahu pasti bagaimana perencanaan yang dilakukan, sehingga bisa proyek sudah rampung dikerjakan digali lagi. Se­hingga masyarakat berang­gapan, pembangunan sarana publik tak terurus dengan baik,”ujarnya.

Pantauan Haluan ke lo­kasi proyek tersebut kema­rin melihat, rabat beton bahu jalan yang baru siap dikerjakan digali lagi untuk pipa PDAM. Walau sebagian sudah ditimbun lagi oleh pihak rekanan yang me­ngerjakan penggalian pipa itu. Buktinya, pengaspalan Jalan Latsitarda yang baru rampung beberapa hari lalu, sudah dirusak kembali mela­lui penggalian aspal jalan untuk proyek pipa.

“Jangan sampai menim­bulkan anggapan pemba­ngunan yang kurang jelas, jalan baru selesai dikerjakan beberapa waktu lalu, seka­rang sudah dirusak kembali. Mestinya proyek penggalian untuk pipa PDAM itu dila­kukan sebelum pengaspalan jalan terjadi.,” tegas salah seorang masyarakat Padang Datar yang enggan disebut jati dirinya.

Kasi Teknik PDAM Pa­ya­kumbuh, Wendri yang dikon­firmasi wartawan ke­marin mengataka, proyek PDAM itu berasal dari ban­tuan pusat (DAK) melalui Pimprof Sum­bar, sudah be­ker­jasama dengan Dinas PU Sumbar. “Kalau tidak bagai­ma­na mung­kin penggalian pipa akan ter­lak­sana,” se­butnya.

Sementara itu, Kabid Binamarga Dinas PU Paya­kumbuh, Zul Arman ketika dihubungi terpisah me­nga­kui, proyek rabat bahu jalan latsitarda baru selesai dan sudah di VHO. Sekaitan pemasangan pipa PDAM yang melewati jalan itu tidak bisa ditolak karena bantuan pusat. “Bila ditolak, nanti kucuran bantuan pusat akan terkendala,” ulasnya.

menurutnya, perbaikan bahu jalan rabat beton yang digali untuk pipa PDAM itu, sepenuhnya ditanggung pi­hak kontraktor yang me­nger­j­akan proyek pipa itu. “Jadi kita menyerahkan perbaikan sepenuhnya sam­pai seperti semula kepada kontrator proyek pipa terse­but,”ulas Zul Arman. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 21 September 2020 - 21:46:41 WIB

    Tahun Depan LKAAM Pessel akan Bangun Kantor Baru

    Tahun Depan LKAAM Pessel akan Bangun Kantor Baru HARIANHALUAN.COM - Pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Pesisir yang diketuai oleh Drs Syafrizal MM Dt Nan Batuah, mengelar Rapat Kerja (Raker) 2020, yang dihadiri Bupati Hendrajoni di ruang Pani.
  • Ahad, 20 September 2020 - 15:45:30 WIB

    Pessel Catat Dua Kasus Baru Positif Covid-19 Hari Ini

    Pessel Catat Dua Kasus Baru Positif Covid-19 Hari Ini HARIANHALUAN.COM - Update data covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (20/9), pasien terkonfirmasi  covid-19 bertambah sebanyak 2 orang yaitu, perempuan (21), laki-laki (29), kedua pasien sebelumnya suspek dengan geja.
  • Ahad, 20 September 2020 - 13:09:30 WIB

    Hari Ini 3 Kasus Baru Positif Covid-19 di Mentawai, Satu Kepala Puskesmas

    Hari Ini 3 Kasus Baru Positif Covid-19 di Mentawai, Satu Kepala Puskesmas HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan hasil pemeriksaan spesimen swab test Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang, hari ini Minggu (20/09) bertambah lagi 3 kasus baru positif Covid-19 di Mentawai..
  • Sabtu, 19 September 2020 - 17:03:49 WIB

    Update Corona Agam 19 September: Tambah 20 Positif Baru dan Sembuh 11 Orang

    Update Corona Agam 19 September: Tambah 20 Positif Baru dan Sembuh 11 Orang HARIANHALUAN.COM - Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Agam terus mengalami penambahan. Data terbaru Sabtu (19/9), tercatat ada penambahan 20 kasus baru. Penambahan 20 kasus positif Covid-19 tersebar di t.
  • Kamis, 17 September 2020 - 17:25:40 WIB

    Sosialisasi Perda Adaptasi Kebiasaan Baru harus Sampai ke Pelosok Nagari

    Sosialisasi Perda Adaptasi Kebiasaan Baru harus Sampai ke Pelosok Nagari HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit Kunjungan Kerja (Kunker) dalam rangka upaya peningkatan kualitas pelayanan pemerintah daerah terhadap peningkatan kehidupan masyarakat Sumatera Barat secara keselur.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]