KPUD Solsel Belum Pasang APK, Timses Pasang APK Sendiri


Senin, 14 September 2015 - 18:13:54 WIB

“Menurut perusahaan percetakan yang me­menangi tender tersebut, Senin (14/9) APK sudah selesai dicetak. Namun, mereka ada kendala, desain APK yang akan dicetak itu kabur, sehingga apabila dipaksakan mencetak, hasilnya tidak bagus. Jadi, perusahaan tersebut mengulang kembali mendesain APK sebelum dicetak,” ujar Isyuliardi saat dihubungi Haluan, Senin (14/9).

Pihaknya memastikan bahwa pemasangan APK akan dilakukan dalam minggu ini. Pihaknya akan memasang APK secara bertahap. APK berbentuk apa yang duluan selesai dicetak, apakah baliho, spanduk atau umbul-umbul, itu yang akan dipasang terlebih dahulu menjelang APK lainnya selesai dicetak.

Sementara untuk APK berbentuk brosur dan pamflet, kata Isyuliardi, pihaknya menyerahkan pemasangan APK tersebut kepada tim sukses (timses) pasangan calon (paslon).

Isyuliardi melanjutkan, pihaknya menetapkan total biaya kampanye untuk satu paslon sebesar Rp4,2 miliar. Nantinya, pihaknya akan mengaudit pemakaian dana kampanye yang digunakan oleh paslon, untuk mengetahui untuk apa saja dana tersebut digunakan.

Di sisi lain, pihaknya menemukan APK seperti ba­liho dan spanduk, yang dipasang timses paslon. Pa­dahal hal itu melanggar aturan, karena pema­sa­ngan APK seperti baliho, spanduk dan umbul-um­bul adalah wewenang KPUD. Pihaknya bah­kan menemukan APK yang dipasang timses pas­lon sebelum jadwal kampanye dimulai. Namun, APK tersebut sudah ditertibkan atas kerja sama dengan Panwaslu, KPUD, dan Pol PP.

“Masih ada baliho yang dipasang timses paslon yang masih berdiri hingga saat ini, baliho itu terdapat di posko pemenangan masing-masing calon. Kami sudah menyurati timses paslon untuk menurunkan baliho tersebut, namun tidak ditanggapi. Untuk itu, kami akan berkoordinasi dengan Pemda untuk menurunkan Pol PP guna menerbitkan APK di posko pemenangan calon,” tuturnya. Sementara itu, Ketua Panwaslu Solsel, M Ansyar menuturkan, salah satu penyebab timses paslon memasang APK karena KPUD belum juga memasang APK, sementara jadwal kampanye sudah dimulai.

Terkait APK di posko paslon, pihaknya sudah menyurati timses tersebut untuk menurunkan sendiri APK tersebut, sesuai kesepakatan timses dengan tim terpadu pada 2 September lalu. Tim terpadu tersebut terdiri dari KPUD, Panwaslu, Kesbangpolinmas, Pol PP, Polres dan pihak terkait lainnya.

“Jika Timses tak juga menertibkan APK yang terpasang di posko pemenang, padahal kami sudah menyurati, maka kami terpaksa ber­koordinasi dengan tim terpadu untuk menertibkan APK tersebut,” pungkas M. Ansyar. (h/dib)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 29 Juni 2020 - 19:08:29 WIB

    KPUD Pesisir Selatan Lakukan Koordinasi Tahapan Pilkada 2020 dengan Kapolres

    KPUD Pesisir Selatan Lakukan Koordinasi Tahapan Pilkada 2020 dengan Kapolres HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Pesisir Selatan melakukan koordinasi tentang tahapan Pilkada 2020, salah satunya dengan jajaran Polres Pesisir Selatan,Senin (29/6/2020)..
  • Selasa, 24 Februari 2015 - 19:29:44 WIB

    Anggaran Minim, KPUD Limapuluh Kota Galau

    SARILAMAK, HALUAN — Sam­pai saat ini, Komisi Pe­milihan Umum Daerah Ka­bupaten Limapuluh Kota, galau soal anggaran dalam pe­laksanaan pilkada yang terlalu minim serta jadwal pilkada yang sampai kini belum jelas. Dari.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]