Tanggung Jawab Pemerintah Pusat


Senin, 14 September 2015 - 18:21:20 WIB

Jadi semua pem­bangu­nan terminal Tipe A di Indo­nesia menjadi kewenangan dan tanggung jawab dari pemerintah pusat, begitu juga dengan terminal di Kota Padang.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishub­ko­minfo) Kota Padang Rudy Rinaldy melalui Sekretaris Dishubkominfo Yudi Indra Syani peralihan kewenangan ini bisa menjadi titik terang bagi Kota Padang. Karena pembangunan tidak menye­dot lagi anggaran Kota Pa­dang.

“Dengan  adanya pera­tu­ran baru ini semoga pem­bangunan terminal bisa ter­laksana dengan cepat karena tidak terkendala dana lagi. Kalau menggunakan dana kita jelas nantinya dana kita terbatas karena tersedot dengan keperluan lainnya,” papar Yudi Indra Syani.

Ia menambahkan, wa­lau­pun begitu untuk saat ini karena anggaran Kota Pa­dang di tahun 2014 sudah disediakan maka pemba­ngunan tetap berjalan seperti pembersihan lahan dan per­ba­ikan drainase. Sedangkan luas terminal Tipe A Anak Aia Kota Padang seluas 4,5 hektare.

Sebelumnya pemba­ngu­nan fisik terminal ini mem­butuhkan anggaran sekitar Rp 107 miliar. Rencananya dana sebanyak itu akan digu­n­akan untuk terminal Ang­kutan Kota Antar Provinsi (AKAP), terminal Ang­ku­tan Kota Dalam Provinsi (AKDP), pembangunan mal dan gedung parkir.

“Sekarang semua itu kita serahkan saja ke pemerintah pusat. Kita hanya me­ngon­disikan saja, apalagi lahan juga sudah selesai kita be­baskan,” ulasnya lagi.

Di samping itu, demi menunjang operasional pem­bangunan terminal, akan mengharuskan jalan masuk dari Simpang Lubuk Buaya dan bypass menuju terminal akan diperlebar menjadi 40 meter. Untuk pengerjaan ini, nanti dengan menggunakan APBD Pe­merintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) senilai Rp 10 miliar.

Hingga saat ini tidak menemui kendala yang cu­kup berarti, hanya jika ter­jadi hujan yang sedikit mem­perlambat pengerjaan. Ada­pun untuk target penger­jaannya, diharapkan tahun ini selesai. Di mana, dengan besar biaya Rp4 miliar de­ngan luas lahan lebih kurang 4,5 hektar.

“Jadi pengerjaan tahun 2015 ada dua item, yaitu pembuatan drainase ke­liling dan land clearing. Untuk drainase, sekeliling terminal lebih kurang 1.700 meter dan untuk pe­matangan lahan seluas 4,5 hektar,” tutup Yudi Indra Syani.(h/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 15:47:29 WIB

    DPRD Padang Apresiasi Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2019

    DPRD Padang Apresiasi Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2019 HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang laksanakan sidang paripurna yang mengagendakan Raperda Walikota Padang tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019, Selasa (2/6). .
  • Rabu, 04 Januari 2017 - 12:51:27 WIB

    ‘Niagara Padang’ Makan Korban, Kadis Pariwisata Ogah Tanggung Jawab

    ‘Niagara Padang’ Makan Korban, Kadis Pariwisata Ogah Tanggung Jawab PADANG, H ALUAN –Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi menolak bertanggung jawab atas meninggalnya seorang warga Padang, Aldo Anggriawan Pratama (23) di kawasan “wisata dadakan” di Bendungan Koto Pulai.
  • Selasa, 01 November 2016 - 01:59:03 WIB
    OMBUDSMAN MINTA PENCEGAHAN PEMUKIMAN DI TEPI REL

    PT KAI-TRTB Saling Lempar Tanggungjawab

    PADANG, HALUAN — Penyelesaian permasalahan penyewaaan tanah PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk pembangunan rumah permanen, dinilai Ombudsman Perwakilan Sumbar, masih jalan ditempat. Padahal, persoalan itu sudah mencuat se.
  • Selasa, 11 Oktober 2016 - 02:37:53 WIB

    Iuran BPJS Warga Miskin Ditanggung Baznas

    PADANG, HALUAN — Gu­bernur Sumbar Irwan Pra­yit­no mengatakan saat ini data masyarakat miskin di Sumbar masih belum valid, karena masih banyak ditemui ma­syarakat miskin yang belum mendapatkan jaminan kese­hatan. Untuk.
  • Kamis, 22 September 2016 - 04:25:15 WIB

    Pak Ogah, Tanggung Jawab Siapa?

    Pak Ogah, Tanggung Jawab Siapa? PADANG, HALUAN—Pe­la­k­sana Tugas (Plt) Ka­sat­pol PP Kota Padang, Eddy Asri membantah bahwa pihaknya tidak memberikan pelayanan yang optimal kepada anak-anak yang menjadi ‘Pak Og­ah’ di jalur putar arah sim­pang.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]