Masyarakat Beralih ke Gas 3 Kg


Selasa, 15 September 2015 - 18:39:58 WIB

Di sisi lain harga elpiji melon 3 kg tetap di kisaran Rp18 ribu,  berimbas pada peralihan masyarakat yang semula menggunakan gas elpiji 12 kg ke ukuran 3 kg terutama para pedagang makanan. Termasuk peng­gunaan di rumah tangga, mayarakat yang biasa meng­gunakan ukuran 12 kg  ikut beralih ke 3 kg.

Menurutnya, kecen­dru­ngan terus naiknya harga LPG 12 kg setiap waktunya, juga menyebabkan masya­rakat cendrung beralih ke gas melon, yang dinilai lebih praktis dan juga hemat, ka­rena harganya masih di­subsidi oleh pemerintah.

“Dalam sehari gas LPG 3 kg bisa terjual 12 hingga 20 tabung perharinya, se­dangkan gas 12 kg bisa dibi­lang tidak begitu jalan, dalam sebulan hanya laku sekitar 5 sampai 10 tabung saja,” kata bapak satu anak ini.

Dari pantauan Haluan di Sawahlunto Selasa (15/9). di tingkat pedagang pe­nge­cer ketersediaan gas elpiji ma­sih terbilang lancar de­ngan ba­nyaknya persediaan baik untuk ukuran 12 kg maupun gas melon akan tetapi minat beli ma­syarakat lebih cen­drung kepada gas 3 kg

Salah seorang ibu rumah tangga Ria Novita yang sehari hari juga pedagang makanan sate, sangat me­rasakan dampak dari harga LPG yang terus melonjak, jika biasanya ia memakai minyak tanah untuk me­masak lontong atau ketupat serta gas ukuran 12 kg se­karang beralih ke gas elpiji 3 kg.

‘’Untuk membeli mi­nyak tanah saat ini dirasakan sangat sulit dan juga mahal dikarenakan pencabutan subsidi oleh pemerintah, sementara mengeluarkan uang membeli gas Rp165 ribu itu juga dirasa sangat berat, lain halnya dengan gas 3 kg dengan harga Rp18 ­ribu  bisa diupayakan ,’’ sebutnya kepada Haluan.

Senada dengan itu Pari­nem ibu rumah tangga yang semula memakai gas uku­ran 12 kg sekarang juga ikut beralih memakai gas melon 3 kg, menurutnya dengan menggunakan gas 3 kg  harga Rp18 ribu per­tabungnya, terasa lebih ter­jangkau dan bisa diu­pa­yakan mem­be­linya. terlebih saat iniharga mi­nyak tanah yang  me­lam­bung tinggi serta LPG 12 kg yang terus naik. (h/mg-rki)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]