Pemkab Solok Waspadai Pasar Tumpah


Selasa, 15 September 2015 - 18:45:14 WIB

Lebih jauh ia menje­laskan, etape dua TdS 2015 digelar pada Minggu 4 Okto­ber mendatang. Pada hari Minggu itu bertepatan de­ngan hari pasar di pasar tradisional Guguak dan pa­sar tradisional Sumani. Ke­dua pasar tradisonal itu merupakan jalur yang akan dilewati peserta TdS yang star di Kota Pariaman dan finish di Singkarak.

Lokasi pasar tradisional Guguak Talang berada pada turunan tajam. Pada lokasi itu dipastikan peserta TdS akan adu sprint dan melaju dengan kecepatan tinggi. Begitu juga dengan pasar tradisional Sumani. Meski­pun lokasi ini berada di tikungan yang cukup tajam, peserta TdS juga dipastikan adu sprint di lokasi itu, karena pasar Sumani hanya berjarak satu kilo meter jelang finish.

Sedangkan satu lagi pa­sar tradisional yang harus diwaspadai adalah pasar tradisional Surian. Pasar ini akan dilewati peserta TdS etape 4 yang star di Padang Aro Solok Selatan dan fi­nish di Sawahlunto pada Selasa 6 Oktober men­da­tang. Lokasi pasar Surian berada pada jalur lurus dan datar. Disini peserta TdS diperkirakan akan melaju dengan kece­patan tinggi.

Dikatakan M. Alfajri, potensi gangguan itu tim­bul karena pada saat hari pasar, pedagang biasanya meman­faatkan jalan seba­gai tempat berdagang. Kon­­disi ini di­per­parah lagi oleh kebiasaan supir angku­tan barang me­mar­kir mobil di pinggir jalan. Sehingga jalan menjadi sempit dan susah dilewati.

Untuk mengantisipasi gangguan yang muncul dari pasar tumpah itu, Pemkab Solok telah melakukan ko­or­dinasi dengan kepolisian, camat dan walinagari.

“Pihak kepolisian akan menurunkan petugas untuk mengamankan jalur TdS. Personel Polri itu akan diperkuat oleh TNI dan Satpol PP. Sedangkan untuk mengantisipasi agar mobil angkutan barang tak parkir di pinggir jalan, Pemkab Solok akan mencarikan lo­kasi parkir di sekitar pa­sar,” ujar Alfajri. (h/eri)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]