Awasi Kampanye Terselubung Saat Idul Adha


Selasa, 15 September 2015 - 18:49:00 WIB

Bentuk-bentuk kampanye terselubung yang berke­mung­kinan terjadi saat momen Idul Adha, menurut Rita, antara lain, pasangan calon atau tim sukses membagikan hewan kurban dengan menyertakan alat peraga kampanye (APK) berupa spanduk atau brosur. Kemudian, kata sambutan yang­ disampaikan oleh salah satu calon menjelang pen­ceramah berkhotbah. Contoh lainnya, pembagian kain sa­rung yang disertai dengan pembagian brosur atau kartu nama pasa­ngan calon.

Ri­ta menggarisbawahi, pi­hak­nya tidak melarang pasa­ngan calon untuk berkur­ban, namun jangan sampai hal itu dijadikan sarana untuk ber­kampanye, terlebih lagi kalau dilaksanakan di tempat ibadah karena dapat dikategorikan berkampanye di tempat iba­dah. Hal-hal seperti itu, kata Rita, tidak boleh dalam aturan per­undang-undangan.

Untuk mencegah hal-hal itu terjadi, kata Rita yang dihu­bungi Haluan, Selasa (15/9), pihaknya akan memberikan imbauan melalui surat kepada pengurus masjid, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, dan pihak-pihak lainnya, untuk berpartisipasi aktif mengawasi hal-hal yang demikian.

Ia mengimbau, apabila ma­sya­rakat menemukan ben­tuk-bentuk kampanye ter­selubung, baik berupa ajakan, imbauan, politik uang, penye­baran APK, untuk segera melaporkan ke Panwaslu, agar Panwaslu cepat memproses laporan tersebut.

“Jika masyarakat melapor­kan pelanggaran Pilkada, serta­kan dengan bukti-bukti seperti rekaman video dan suara, doku­men, APK dan sebagainya. Kemudian, pelapor juga harus menghadirkan dua orang saksi. Jika tidak ada bukti, maka syarat laporan tidak terpenuhi. Kalau tidak ada bukti, bisa jadi itu tuduhan,” terang Rita.

Saat ditanya apakah Pan­waslu Solsel sudah pernah mensosialisasikan kepada ma­sya­rakat untuk berpar­tisipasi aktif untuk menga­wasi pelang­garan Pilkada, Rita menjawab, pihaknya belum melakukan penyo­sia­lan itu.  “Kami me­mili­ki rencana untuk itu. Kami se­dang me­nunggu dana untuk itu cair,” ujarnya. (h/dib)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]