Pemerintah Terbitkan SKB 3 Menteri


Selasa, 15 September 2015 - 19:00:26 WIB

Wapares JK mengatakan penerbitan SKB 3 menteri ini dilakukan untuk meng­hapus perbedaan-perbedaan dalam pencairan dana desa. “Diperlukan aturan, baik dari Kemendes dan Kemen­dagri sebagai struktural serta keuangan,” ujar JK dalam sambutannya.

Sementara itu Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa saat ini sudah sekitar 80 persen atau sekitar Rp 20,7 triliun dana desa yang masuk ke pemerintah daerah tingkat dua. Dana tersebut juga siap digelontorkan ke kas desa.

Penerbitan SKB 3 Men­teri ini dilakukan agar terjadi percepatan penyerapan di desa sehingga aturan-aturan yang berbelit-belit dipang­kas. Dana desa, baru akan masuk ke kas desa jika pihak desa telah mengajukan pe­rencanaan. Perencanaan itu pun ringkas dengan mak­simal 2 lembar kertas.

“BPK juga sudah se­pa­kat, BPKP sudah mem­beri­kan semua masukan. Ini kan baru pertama kali desa orga­nisasi masyarakat gerakan masyarakat melalui ang­garan pemerintah,” ucapnya.

Sementara itu, Dirjen Perimbangan Keuangan Ke­menterian Keuangan, Boe­diar­so Teguh Widodo men­jelaskan monitoring dan pengawasan dana desa dise­rahkan kepada Badan Pe­meriksan Keuangan (BPK). BPK akan bertugas meng­evaluasi pelaporan dana desa yang dilakukan dalam dua tahap, dan pihak bupati atau wali kota sebanyak satu kali pelaporan.

“Pelaporan oleh desa kepada bupati/walikota dila­kukan dua kali, semester satu bulan Juli, dan semester dua pada Januari tahun beri­kutnya. Dari kabupaten/kota ke Kemenkeu, Kemendagri, Kemendes itu satu kali sete­lah akhir tahun, paling lam­bat Januari,” terangnya.

Pelaporan yang me­mi­liki indikasi penyimpangan, semisal ada sisa dana, maka akan diteruskan kepada pe­negak hukum. Selanjutnya dilakukan pemotongan dana desa di tahun berikutnya. “Tetapi apabila sisa dana tidak wajar karena bencana alam, banjir, maka bisa dito­leransi,” ujarnya. (h/dtc)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 19 September 2020 - 11:17:53 WIB

    Pemerintah Siapkan Aturan Main Pilkada Saat Covid-19

    Pemerintah Siapkan Aturan Main Pilkada Saat Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak 2020, akan tetap dilakukan pada Desember mendatang meski di tengah pandemi. Namun, untuk bisa meminimalisasi risiko penularan Covid-19, pemerintah akan mengeluarka.
  • Senin, 18 Mei 2020 - 07:59:08 WIB

    Pemerintah Lanjutkan Tahapan Pilkada Juni, Anggota DPD: Terlalu Berani

    Pemerintah Lanjutkan Tahapan Pilkada Juni, Anggota DPD: Terlalu Berani HARIANHALUAN.COM - Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Agustin Teras Narang menilai rencana Pemerintah untuk melanjutkan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 6 Juni 2020 mendatang terl.
  • Senin, 06 April 2020 - 19:17:36 WIB

    DPD RI Desak Pemerintah untuk Lengkapi APD Tenaga Medis

    DPD RI Desak Pemerintah untuk Lengkapi APD Tenaga Medis PADANG, HARIANHALUAN.COM – Banyaknya korban meninggal akibat pandemi Covid-19 dari kalangan medis membuat prihatin anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH. Keprihatinan itu disampaikannya dalam Rapat.
  • Kamis, 14 November 2019 - 17:00:24 WIB

    Ketua DPP PAN Lulung Sebut Pemerintah Lebay, Ada Apa?

    Ketua DPP PAN Lulung Sebut Pemerintah Lebay, Ada Apa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) Abraham Lunggana alias Lulung menilai pemerintahan Jokowi terlalu berlebihan memantau akun media sosial para calon pegawai negeri sipil (CPNS.
  • Senin, 11 November 2019 - 00:13:49 WIB

    Bisa Rugikan Pemerintah, Jokowi Diminta Tindak Nasdem

    Bisa Rugikan Pemerintah, Jokowi Diminta Tindak Nasdem JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Manuver politik dan pernyataan-pernyataan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengundang kontroversi. Bahkan Nasdem dianggap akan menjadi 'anak nakal' dalam koalisi pendukung pemerintahan Joko Wid.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]