Jalan Alternatif Talago ke Koto Kaciak Rusak Parah


Rabu, 16 September 2015 - 19:12:53 WIB

Namun sampai saat ini belum mendapat perhatian dari Pemkab Limapuluh Kota, utamanya pihak Dinas PU setempat. Jalan berlo­bang itu sudah diupayakan masyarakat setempat untuk menimbunnya dengan ta­nah, sehingga mampu dile­wati mobil, truk dan sepeda motor. Tapi tak bertahan lama, lobang jalan menganga lagi akibat diguyur hujan.

“Saat ini sudah banyak lobang jalan terdapat di badan jalan tersebut, akibat aspalnya sudah mengelupas sejak beberapa tahun ter­akhir.

Bila hujan turun lo­bang jalan digenangi air sehingga arus lalulintas ter­kendala di kawasan itu,” ungkap Ke­pala Jorong Koto Kaciak, Khairul Amir dan Kepala Jorong Tanjung Jati, Alyusra yang dihubungi ter­pisah, kemarin.

Masyarakat sudah lama berharap agar jalan tersebut diperbaiki lagi, kalau perlu di aspal hotmix, untuk mem­­perlancar hubungan antar jorong. Beberapa ta­hun lalu, bus jurusan Limba­nang-Padang sering lewat jalan tersebut mengambil penumpang yang akan pergi ke Padang. Tapi kini tak ada lagi akibat rusaknya infra­struktur jalan tersebut.

“Kami meminta Pem­kab Limapuluh Kota, mela­lui Dinas PU mau mem­prioritaskan perbaikan jalan itu. Lagi pula jalan itu banyak fungsi, Palo Guntuang bisa menunju ke Ampang Ga­dang, bisa pula ke Labuah Tangah Tanjung Jati, lewat Labuah Silang yang punya penduduk lumayan ba­nyak,” ujar keduanya.

Sementara itu, anggota DPRD Limapuluh Kota asal Nagari VII Koto Talago, Putra Satria Veri, ketika dihubungi kemarin di Sari­lamak, mengakui, jalan Palo Guntuang-Congkong me­mang sudah lama mengalami kerusakan. Dari jalan aspal sebelumnya sudah menjadi jalan kerekel akibat aspalnya sudah lama mengelupas.

“Sampai saat ini jalan tersebut memang belum diperbaiki, walau di sejum­lah titik kerusakan jalan tampak cukup parah.

Mudah mudahan tahun anggaran 2016 depan, Pemkab setem­pat mau menganggarkan untuk biaya perbaikan jalan tersebut, sehingga hubungan Jorong Talago-Koto Kaciak lewat labuah silang kembali normal,” sebutnya. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]