Sistem Informasi Wakaf Online Terkendala Jaringan


Rabu, 16 September 2015 - 19:16:22 WIB

“Kabupaten kita saja yang belum menginput data yang update tentang tanah wakaf karena petugas Kan­tor Urusan Agama (KUA) se-Kabupaten Pasaman ti­dak memiliki jaringan inter­net yang dapat tersambung ke Kementerian Agama,” ujar Hasyyuni.

Menurut Hasyyunil, pe­me­rintah daerah memiliki peran untuk menyukseskan program informasi melalui sistem online ini. Peme­rintah daerah dapat mem­fasilitasi sistem online de­ngan mendorong pem­ba­ngunan jaringan telkom, sehingga semua kecamatan dapat dijangkau.

Selain itu, kantor KUA yang berdekatan dengan kantor camat, maka dapat saling berkoordinasi dalam proses penginputan data. “Menginput data ini harus dari KUA masing-masing. Kalau data manual, kita sudah punya data wakaf tanah se-Pasaman. Namun, data ini harus dimasukkan secara online agar terkoneksi ke pusat,” paparnya.

Tanah wakaf di Ka­bu­paten Pasaman tersebar pa­da 270 titik lokasi dengan luas 160.373 meter persegi. Dari tanah wakaf tersebut, 245 lokasi tanah telah ser­tifikat dan 18 sertifikatnya telah terdaftar di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pasaman.

Program Sistem Infor­masi Wakaf online ini meru­pakan satu kesatuan dari konten SIMBI, Sistem In­for­masi Manajemen Bimas Islam, yang diluncurkan Kementerian Agama RI me­lalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Is­lam, April 2014 lalu.

SIMBI terdiri dari bebe­rapa konten informasi, data, dan layanan yang berhu­bu­ngan dengan tugas dan fung­si Bimas Islam, menye­diakan berbagai layanan seperti Sistem Informasi Nikah (Sim­ka), Sistim In­for­masi mas­jid (Simas), Sistem Infor­masi Zakat (Simsat) dan Sistem Infor­masi Wakaf (Si­wak). Sistem baru berbasis teknologi in­for­masi (IT) ini di­pro­­yek­sikan dapat me­ning­katkan kualitas layanan Bi­mas Is­lam, terutama dalam hal pe­nyediaan data dan in­for­masi. (h/col)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]