DKP dan Satpol PP Belum ‘Kompak’


Rabu, 16 September 2015 - 19:22:02 WIB

Pantauan Haluan, Rabu (16/9), sampah-sampah ma­­sih nampak menumpuk di pinggir jalan. Sampah pun berserakan di luar kontainer dan mengeluarkan bau tak sedap.

Hal itu bisa dijumpai di ruas jalan-jalan yang tiap hari ramai dilalui warga. Kesa­daran warga masih rendah untuk membuang sampah, karena kantong sampah banyak di luar bak sampah.

Tidak hanya itu, hingga kini belum ada satu pelaku pembuang sampah sem­ba­rangan yang dikurung atau didenda sesuai dengan atu­ran yang telah diatur Perda.

Sebelumnya, pimpinan penegak Perda Kota Padang, Kasat Pol PP Firdaus Ilyas meminta pihak DKP untuk aktif menindaklanjuti ma­syarakat yang telah di-ti­piringkan tersebut.

“SKPD teknis pemilik Perda itu kan DKP. Kami hanya eksekutor terakhir. Seharusnya DKP lebih pro­aktif menjalankan Perda tentang sampah ini,” ungkap Firdaus Ilyas.

Jika berbicara denda maka sudah pasti ada hu­kuman bagi pelaku. Namun, sejauh ini itu belum di­lakukan yakni dikurung atau didenda sampai Rp5 juta dan hukuman baru sebatas pembinaan.

Menurut Firdaus, de­ngan aktifnya DKP ber­koordinasi bersama Sat Pol PP melaporkan setiap pela­ku pembuang sampah sem­barangan, maka penegakan perda bisa dimaksimalkan. Dia meminta DKP untuk lebih aktif lagi ber­ko­or­dinasi dengan Satpol PP.

“Sepanjang DKP tidak proaktif berkoordinasi, ba­gaimana mungkin kami bisa melaksanakannya secara maksimal. Karena peker­jaan kami di Sat Pol PP ini juga banyak, tidak hanya mengurusi persoalan sam­pah,” terang Firdaus Ilyas.

Dikatakan Firdaus, saat ini Sat Pol PP memiliki 2 mobil patroli. Satu mobil berisi 12 orang personel. Dengan mobil patroli, pe­tugas Sat Pol PP selalu me­ngitari wilayah Kota Pa­dang, melihat dan mener­tibkan kota sesuai Perda tentang Ketertiban Umum. Jika ditemukan pelanggaran, Sat Pol PP juga akan meng­koordinasikannya dengan SKPD terkait.

Semangat pelaksanaan Perda sampah hanya keras pada awal-awal penerapan. Malah, sekarang gaungnya sudah meredup seiring de­ngan lemahnya pengawasan.

Kepala DKP Padang Afrizal Khaidir menga­ta­kan, untuk penerapan Perda sampah sudah berjalan mak­simal. Sampai saat ini koor­dinasi dengan Sat Pol PP tetap berjalan terus. Petugas DKP yang melihat ada pe­langgran di lapangan akan melaporkan ke Sat Pol PP.

“Alhamdulillah kita sa­ngat mengapresiasi pekerja­an Sat Pol PP dalam pene­gakan perda ini,” terang Afrizal.

Namun terkait pene­ra­pan sanksi, kata Afrizal, pihaknya tak bisa ikut cam­pur. Karena itu kewenangan hakim yang mengadili per­kara tipiring tersebut.

“Yang memutuskan itu, kan, hakim kita tidak bisa berbuat apa-apa. Itu hak hakim,” ujar Afrizal.

Secara tegas, kata Af­rizal, Perda No 12 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah itu, menyebutkan bagi pelaku yang memb­uang sampah sembarangan dike­nakan saksi berupa denda paling banyak Rp 5 juta atau hukuman kurungan 3 bulan.

“Kita optimis secara ber­lahan penerapan Perda Sam­pah ini bisa berjalan. Kan kita belum satu tahun ber­jalan, semoga ke depan kesa­daran untuk kebersihan ling­kungan ini terus mening­kat,” tutupnya. (h/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 19 Agustus 2019 - 17:10:56 WIB

    16 Bangkai Kapal di Batang Arau Berhasil Dikeluarkan DKP

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 16 dari 17 target bangkai kapal di Muaro Batang Arau berhasil dikeluarkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Saat ini masih bersisa satu bangkai kapal yang ukurannya cukup besar dan terken.
  • Kamis, 26 Oktober 2017 - 03:35:05 WIB

    DKP Gelar Lomba Marandang Teri

    DKP Gelar Lomba Marandang Teri PADANG, HALUAN—Tidak seperti lomba memasak rendang (marandang) biasanya yang menggunakan bahan utama daging, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang menggelar marandang ikan teri..
  • Sabtu, 11 Maret 2017 - 04:04:41 WIB

    DKP Kembangkan Udang Vaname

    PADANG, HALUAN--Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang menargetkan 100 tambak Udang Vaname. Budidaya udang ini dianggap lebih efektif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. .
  • Kamis, 15 Desember 2016 - 01:00:57 WIB
    TERBESAR RETRIBUSI SAMPAH

    DKP Targetkan PAD Rp9,6 Miliar

    PADANG, HALUAN — Tahun 2017, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang targetkan Rp9,6 miliar retribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Angka tersebut naik Rp1,6 miliar dari tahun 2016 dengan target Rp8 miliar..
  • Rabu, 02 November 2016 - 01:26:25 WIB

    Kepala DKP Padang Al Amin: Parkir di Taman, Ban Dikempeskan

    PADANG, HALUAN —Mes­kipun di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman telah dipasang rambu-rambu lalu lintas dilarang parkir dan berhenti, namun kendaraan roda empat masih saja me­lan­g­gar aturan ini..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]