PAW Anggota DPRD Sumbar Terganjal


Rabu, 16 September 2015 - 19:24:34 WIB

Di Sumbar  sendiri, ada Zulkenedi Said  dari Gol­kar dan Yulfadri Nurdin da­ri PPP yang  me­ngun­dur­kan diri. Proses pe­ngan­tian ke­duanya terpaksa juga  harus ditunda akibat   inkrah soal kepengurusan partai ma­sing-masing belum ada.

”PAW untuk Golkar dan PPP ditunda dulu, ka­rena belum ada keputusan inkrah soal kepengurusan,” ujar Plt Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Sunbar, Raflis kepada wartawan ke­marin (16/9).

Disebut Raflis, Men­da­gri tak mau mengambil res­iko dalam hal penaikan PAW partai yang masih ber­­konflik ini.  Untuk hal ini, di pusat, sekarang juga tengah dibahas pola apa yang akan dipakai  untuk melanjutkan PAW atas ka­der dua partai ber­sang­kutan.

Sementara itu, sesuai aturan, katanya, dalam pe­naikan PAW pimpinan DPRD akan meminta nama ke KPU Sumbar, setelah itu parpol akan disurati.

“Selanjutnya, parpol me­ngusulkan nama ke pim­pinan DPRD. Pada proses inilah, yang  dinilai akan ber­ma­salah. Sebab, ke­pe­ngurusan mana yang akan dipakai, jika status  inkrah be­lum ada kepastian,” ujarnya.

Selanjutnya, ia juga me­nga­takan, setelah usulan parpol rampung, pimpinan akan meneruskan ke pe­merintah daerah, untuk kemudian pemerintah dae­rah mengklarifikasi usulan yang selanjutnya dikirim ke Kemendagri.

“Setelah itu barulah di  SK-kan Kemendagri, dan dilantik,” jelasnya.

Raflis juga mengatakan, pengisian kekosongan ja­batan karena  ada anggota yang maju di pilkada me­mang mesti  disegerakan. Tujuannya, agar masyarakat dapil tak terlalu lama tan­pa wakil. Kendati demikian  ia juga mengakui memang ada proses pemberhentian yang harus dilalui. Kepada ma­syarakat diminta bersabar.

“Selain PAW yang me­mang akan dilaksanakan, proses pemberhentian yang maju juga tengah berjalan. Kami telah melengkapi se­mua berkas usulan pember­hentian kelima anggota DP­RD Sumbar yang maju pada pilkada,” jelasnya.

Ia menyebut, surat pem­berhentiang akan segera dikirim  ke Jakarta, hingga selanjutnya akan dibalas Kemendagri dalam bentuk surat pemberhentian.

Sekaitan dengan ini, se­perti diberitakan sebelum­nya, di DPRD Sumbar ada lima anggota dewan yang mundur karena maju di pilkada.  Para  anggota dewan tersebut adalah,  Zul­kenedi Said dari Golkar, Yulfadri Nurdin dari PPP, Trinda Farhan Satria dan Sultani dari PKS, dan, Sya­hiran dari Gerindra.

Di lain  pihak, Komi­sioner KPU Sumbar,  Mufti Sarfie mengatakan, KPU hanya menjalankan meka­nisme sesuai aturan. Untuk PAW, jelasnya, yang akan ditunjuk nantinya adalah suara terbanyak kedua pada partai yang anggotanya mun­dur.

“Suara terbanyak  kedua bisa saja diganti kalau yang bersangkutan meninggal atau  pindah partai,”  pung­kas Muftie. (h/mg-len)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 14 Juni 2019 - 22:36:31 WIB

    Masjid Jabal Rahmah Juara Pesantren Ramadhan, Kecamatan Kuranji Juara Pawai Takbiran

    Masjid Jabal Rahmah Juara  Pesantren Ramadhan, Kecamatan Kuranji Juara  Pawai Takbiran PADANG, HARIANHALUAN.COM-Halal Bi Halal di Lingkungan Pemerintah Kota Padang, juga ditandai dengan penyerahan hadiah para pemenang pelaksanaan terbaik Pesantren Ramadhan dan para pemenang Pawai Takbiran se Kota Padang..
  • Senin, 26 Maret 2018 - 02:21:10 WIB

    6 Ribu Peserta Ikut Pawai MTQ

    6 Ribu Peserta Ikut Pawai MTQ PADANG, HALUAN- Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Kecamatan Bungus Teluk Kabung di Kayo Aro Bungus Barat didahului dengan pawai taaruf yang semarak, Sabtu (24/3)..
  • Senin, 30 Mei 2016 - 15:59:39 WIB

    Miswar Jambak dan Aprianto Akhirnya Dilantik Jadi PAW di DPRD Padang

    Miswar Jambak dan Aprianto Akhirnya Dilantik Jadi PAW di DPRD Padang PADANG, HALUAN---Ketua DPRD Kota Padang Erisman, melantik dua Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota dewan yakni, Miswar Jambak dan Aprianto Senin (30/5). "Pengucapan sumpah, serta pelantikan ini telah sesuai prosedur ser.
  • Jumat, 27 Mei 2016 - 04:29:36 WIB

    SK PAW Aprianto Ditandatangani Gubernur

    PADANG, HALUAN—Gubernur Sumbar Irwan Prayitno akhirnya tandatangani surat keputusan (SK) Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kota Padang masa jabatan 2014-2019, Aprianto. Pria yang juga seorang jurnalis ini, ditetapka.
  • Senin, 23 Mei 2016 - 17:29:20 WIB

    Wako Lepas Pawai Khatam Alquran TPQ Masjid Baitussalam

    Wako Lepas Pawai Khatam Alquran TPQ Masjid Baitussalam PADANG, HALUAN — Wali­kota Padang Mahyeldi Ansharullah melepas secara resmi pawai khatam Al­quran Taman Pendidikan Qu­ran (TPQ) Masjid Bai­tussalam Jl. Cendrawasih Kelurahan Air Tawar Barat Kota Padang, Minggu (22/5) pa.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]