Bendera Palestina Berkibar di PBB


Rabu, 16 September 2015 - 19:26:29 WIB

“Kami mengharapkan ratusan pemimpin dunia bersama Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk merayakan momen dan berpar­tisipasi dalam upacara,” kata Mansour, dikutip Albawaba, Selasa (15/9).

“Hari itu akan menjadi hari kemenangan dan membanggakan bagi kami,” katanya.

Dia menambahkan seluruh rakyat Palestina di dunia akan menaikkan bendera di sekolah, kantor dan mobil di hari yang sama.

Ia menyambung, “Adopsi terhadap reso­lusi ini yang dilakukan Majelis Umum akan mem­bantu mengembalikan harapan rakyat dan pemimpin kami karena mereka terus melan­jutkan jalur politik legal non-kekerasan yang damai.”

Dubes Rami menambahkan, resolusi itu akan memenuhi hak-hak rakyat Palestina, mencapai perdamaian yang adil dan ber­kelanjutan dan mengamankan Palestina secara sah di antara komunitas bangsa-bangsa.

Perwakilan Israel untuk PBB, Ron Prosor, mengkritik Majelis Umum atas pengadopsian resolusi tersebut. “Majelis Umum memilih untuk menyatakan bahwa Bumi ini rata jika Palestina mengusulkan hal itu,” ujarnya.

AS Menentang

Duta Besar AS, Samantha Power menga­takan, pengibaran bendera Palestina tak akan mendamaikan Israel dan Palestina. “Kita semua tahu resolusi berkelanjutan dan adil atas konflik Israel-Palestina hanya akan dicapai melalui pilihan sulit dan kompromi yang dinegosiasikan oleh pihak bersangkutan,” sebutnya.

Ia berpendapat, “Menaikkan bendera Pales­tina di luar markas PBB bukanlah alternatif negosiasi, dan tak akan membuat kedua pihak lebih dekat dengan perdamaian.”

Jumat lalu, Majelis Umum PBB menyetujui resolusi yang mengizinkan bendera negara pengamat non-anggota Palestina dan Vatikan dinaikkan di markas dan kantor PBB sejajar dengan negara anggota. Langkah ini didukung oleh 119 dari 193 negara anggota PBB.Australia berada di antara delapan negara penentang resolusi, yang menyatakan bendera negara pengamat non-anggota seperti Palestina boleh dikibarkan di markas PBB New York dan kantor-kantor PBB lainnya. Israel, Amerika Serikat dan Kanada juga menentang langkah itu. (h/nt)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]