Wapres: Data Produksi Beras Harus Dievaluasi


Rabu, 16 September 2015 - 19:30:29 WIB

Kalla menilai bahwa da­ta BPS itu berbahaya jika dijadikan landasan untuk perhitungan angka lain, se­perti angka subsidi pupuk atau subsidi bibit. Dalam pengarahannya di Kantor Kementan pagi tadi, Wapres juga menekankan penting­nya menjaga agar program swasembada pangan tercapai setidaknya dalam tahun depan. Di samping itu, Wap­res mengingatkan Keme­n­tan untuk berhati-hati da­lam menghadapi dampak gelombang panas atau El Nino.

“Jadi, semua orang per­ta­nian harus siaga meng­hadapi kekeringan sehingga produktivitas dapat dijaga karena masalah yang pokok itu apabila terjadi kenaikan harga sebagaimana data ke­marin itu akibat kenaikan harga beras,” ucap Kalla.

Untuk mencapai swa­sembada pangan, Kalla me­nekankan perlunya pro­duk­tivitas bibit yang baik serta pengairan yang baik. Pe­ningkatan produktivitas me­rupakan langkah yang mung­kin dilakukan dalam me­ngu­­rangi impor pangan. Atas dasar itu, kebijakan jang­ka pendek yang mung­kin di­lakukan pemerintah ada­lah perbaikan bibit, pu­puk, re­habilitasi pengairan, serta melakukan penyu­lu­han.

“Cuma empat itu saja, tidak ada cara lain. Oleh karena itu Mentan, cuma itu saja tugasnya. Bibit kualitas tinggi, tepat waktu pupuk, pengairan diperbaiki, dan beri penyuluhan, itu saja,” kata Kalla. (h/kcm)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]