Sumbar Butuh 200 Unit Alat Peringatan Dini Gempa


Rabu, 16 September 2015 - 19:36:55 WIB

“Hasilnya, en­am War­ning Receiver System Digital Video Broadcast (WRS DVB) berfungsi dengan baik. Untuk itu kita minta tambahan, jika ada penga­daan alat lagi,” ujarnya.

Penambahan ini kata Pagar, karena Sumbar tidak hanya dihantui gempa dari laut, namun juga dari darat. Sepanjang Bukit Barisan terdapat patahan semangka yang mengkawatirkan. Se­men­tara di darat selama ini tidak ada alat peringatan dini yang terpasang.

“Jalur pantai kita punya alat, sedangkan didarat ti­dak ada, untuk itu setidaknya ada 243 nagari yang rawan gem­pa yang akan kita pasang alat ini,” terangnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika-BMKG Ke­las 1 Padang Panjang justru berencana me­re­lo­ka­si War­ning Receiver System Digital Video Broadcast (WRS DVB) yang terpasang di Kabu­paten Kepulauan Men­tawai menuju daerah lain. Dengan alasan di Mentawai alat tersebut cukup banyak.

Kepala BMKG Kelas 1 Padang Panjang, Rahmat Triyono mengatakan, saat ini terdapat 15 WRS DVB mi­lik BMKG yang tersebar di sejumlah daerah, seperti Kota Padang, Pariaman, Kabupaten Padang Paria­man, Agam, dan Kepulauan Mentawai.

WRS DVB merupakan alat menerima dan mem­proses informasi jika terjadi bencana, tidak saja gempa bumi, melainkan juga tsu­nami, hingga cuaca ekstrem dan kabut asap. Mekanisme kerjanya DVB server yakni Stasiun Geofisika akan me­ngi­rim informasi ke WRS DVB di daerah yang se­lanjut­nya informasi diterus­kan ke pihak pengambil keputusan, media dan ele­men masyarakat melalui pesan singkat.

“Kita akan relokasi ke daerah lain yang rawan ben­cana, seperti di Tanah Datar, Solok, dan Solok Selatan. Tiga daerah itu kan berada di patahan semangka,” jelasnya.

Menurut Rahmat, ren­cana pemindahan DVB me­ru­pakan langkah diseminasi informasi kebencanaan. De­ngan harapan, lebih banyak masyarakat yang menerima informasi kebencanaan, se­hingga tidak panik ketika terjadi musibah. (h/mg-isr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]