Pengecer Mengaku Belum Tahu


Rabu, 16 September 2015 - 19:44:19 WIB

Ia mengatakan, bahwa LPG 12 kg merupakan pro­duk LPG non subsidi, dan penurunan harga ini ber­dasarkan pertimbangan his­torical harga CP Aramco dan kurs dolar Amerika serta estimasi pergerakan harga CP Aramco dan kurs dolar Amerika ke depannya.

“Untuk penyesuaian har­­ga selanjutnya, akan dila­kukan setelah periode ter­tentu dengan tetap mem­perhatikan fluktuasi CP Aramco dan kurs dolar Ame­rika yang berlaku,” tulisnya dalam press rilis yang dikirim via email, Rabu (16/9).

Diketahui sebelumnya, harga LPG 12 kg pada agen resmi di Sumbar Rp148.000 per tabung dan Rp146.200 per tabung pada agen resmi yang berjarak kurang dari 60 km dari SPBE.

Sementara itu, dari pan­tauan Haluan di lapangan, di beberapa pengencer masih banyak yang belum meng­etahui penurunan harga LPG 12 kg ini. Mayoritas dari pengecer belum akan menurunkan harga LPG 12 yang masih ada, karena mereka membeli dengan modal lama sebelum harga LPG ini diturunkan.

Salah satunya yang disampai­kan oleh pengencer LPG di kawasan Blok A Pasar Raya Padang Yuris (34 tahun) me­ngaku belum mengetahui bahwa PT Pertamina telah menurunkan harga LPG 12 kg, dan ia juga belum mendengar ada berita terkait di televisi atau di koran sebelumnya.

“Atau memang karena saya jarang menonton berita kali ya, jadinya tidak mengetahui ada pengumumannya. Tapi yang pasti kami habiskan dulu modal lama ini, kalau sudah habis baru kami akan sesuaikan dengan harga sekarang,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk harga LPG 12 kg yang ia jual sekarang harganya per tabung kisaran Rp150.000 jika dijemput lang­sung ke kedainya tapi kalau pem­beli minta diantarkan, maka tergantung lagi berapa jauh ru­mah­nya, “Tapi maksimal tamba­han biaya palingan untuk pelang­gan yang biasa beli disini hanya Rp3000 atau paling jauh kisaran Rp6.000,” ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Mira (37 tahun), ia mengaku belum mendapatkan kabar untuk kenaikan LPG 12 kg ini karena stok LPG 12 kg nya masih banyak tersedia, selain itu ia juga belum membaca di koran-koran terkait penurunan harga tersebut.

“Saya belum dengar ada penu­ru­nan harga, kenapa kok bisa turun ya? kan dolar masih tinggi sekarang. Lagipula stok masih ada, jadi saya belum ada tambah belinya,” ujarnya. (h/mg-rin)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]