Stok Hewan Kurban Bukittinggi Dipastikan Aman


Kamis, 17 September 2015 - 19:36:50 WIB

Berdasarkan pengala­man dari tahun sebelumnya, kebutuhan hewan kurban untuk Bukittinggi selalu mengalami peningkatan tiap tahunnya. Tahun lalu ke­butuhan hewan qurban di Bukittingi mencapai 877 ekor yang terdiri dari sapi dan 64 ekor dintaranya  kambing.

“Untuk tahun ini diper­ki­rakan kebutuhan hewan qurban tidak jauh beda dari tahun lalu. Oleh sebab itu kita memastikan stok hewan qurban diBukittinggi masih aman dan mencukupi. Karna Bukittingggi memiliki pasar ternak hewan,” kata Erdi.

Dikatakannya, pasokan hewan qurban di Bukittinggi umunya banyak datang dari luar kota, karna populasi hewan ternak dari peternak sapi diBukittinggi hanya sekitar 380 ekor. Pasokan hewan qurban itu pada umum­nya datang dari dae­rah tetangga seperti Paya­kumbuh, Lima Puluh Kota, Tanah Datar, Agam dan Solok Selatan.

Untuk pengawasan he­wan qurban yang didatang­kan dari luar itu, Dinas Pertanian telah membentuk tim pengawasan dan peme­riksaan kesehatan hewan qurban.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bere­dar­nya daging dan hewan kurban yang tidak layak konsumsi oleh masyarakat pada  Idul Adha nanti.

“Seperti tahun-tahun se­belumnya, menjelang hari raya Idul Adha, kita selalu melakukan persiapan peme­riksaan kesehatan seluruh hewan Qurban, terutama sapi dan kambing yang akan dijadikan qurban. Disam­ping itu pihaknya juga selalu memberikan sosialisasi ke­pada masyarakat terkaid dengan hewan qurban,” sebut Erdi.

Menurutnya, tim penga­wasan dan pemeriksaan ke­se­hatan hewan qurban yang dibentuk ini  terdiri dari 4 tim yang masing masing tim beranggotakan 3 orang yang terdiri dari dokter hewan dan paramedic.

Tim ini nantinya akan turun kelapangan seming­gu  menjelang Idul Adha. Se­lama dilapangan tim akan bekerja untuk memeriksa kesehatan hewan qurban, termasuk apakah hewan qur­­ban itu cacat atau tidak ses­uai dengan ketentuan yang telah dianjurkan.

“Dengan adanya peme­riksaan hewan kurban, mas­yarakat tidak merasa was-was dalam mengkonsumsi hewan kurban. Kita juga mengharapkan  kepada mas­yarakat untuk dapat melaporkan hewan kur­ba­nya sebelum disembelih kepada tim pengawas guna mencegah penyebaran pe­nyakit terhadap hewan tersebut,” harap Erdi. (h/tot)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]