Sejumlah Ruas Jalan Akan Terang Benderang


Kamis, 17 September 2015 - 19:37:20 WIB

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Limapuluh Kota, Drs. Rasdison seusai apel peringatan Hari Perhu­bungan Nasional Tahun 20­15 yang dipimpin Bupati Alis Marajo, di halaman kantor bupati Sarilamak, Kamis (17/9).

Dikatakan, untuk penga­daan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) itu dia­lokasikan dana sebesar Rp­1,1 miliar. PJU tersebut akan disebar di seluruh ka­wasan Limapuluh Kota. Ta­hun ini akan difokuskan pada tujuh kecamatan ma­sing-masingnya, Kecamatan Payakumbuh, Akabiluru, Guguak, Luak, Lareh Sago Halaban, Pangkalan Koto Baru dan Kapur IX. Saat ini kegiatan itu sudah dalam proses tender, ujar Rasdison.

Dikatakan, lampu jalan itu bertujuan untuk pene­rangan jalan buat mem­permudah pejalan kaki dan pengendara kendaraan me­lihat jalan lebih jelas pada malam hari. Dengan begitu diharapkan keselamatan dan keamanan pengguna jalan yang berlalu lintas lebih aman dan lancar.

“Kita berharap kese­lamatan dan kenyamanan pengendara lebih terjaga lagi. Selain itu, juga untuk me­ngantisipasi tindak kriminal atau gangguan keamanan serta kecelakaan lalu lintas,” sebut Rasdison. Selain pe­masangan baru, tahun ini juga ada kegiatan perbaikan lampu jalan yang ada dengan dukungan biaya sebesar Rp200 juta.

Menurut dia, Dishub Ko­minfo kembali melan­jutkan pengadaan RPPJ sebagai lanjutan dari ke­giatan berturut-turut sejak dua tahun lalu. Hingga ta­hun ke tiga ini diperkirakan RPPJ di Kabupaten Lima­puluh Kota, teralisasi sekitar 30 persen dari kebutuhan. Kekurangannya sekitar 70 persen lagi akan dipenuhi secara bertahap pada tahun-tahun berikutnya.

Rambu penunjuk arah tersebut, akan memudahkan orang mencari nagari atau­pun lokasi wisata di daerah ini. Siapapun yang datang ke daerah ini tidak akan bi­ngung dan tidak perlu berta­nya-tanya lagi, melainkan cukup melihat ke papan penunjuk arah seperti yang ada di kota-kota besar lain, terang Rasdison.

Sebelumnya, Bupati Alis Marajo, ketika membacakan sambutan Menteri Perhu­bungan, mengajak memak­nai peringatan hari perhu­bungan nasional itu sebagai momentum untuk me­re­nungkan kembali kinerja dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor perhu­bu­ngan, serta menyatukan per­sepsi dan tekat untuk me­ningkatkan pelayanan ter­hadap masyarakat.

Hal lain yang perlu men­jadi refleksi dalam peri­ngatan Hari Perhubungan Nasional ini adalah pen­tingnya konsistensi pada spektrum keselamatan dan pelayanan. Dengan semangat revolusi mental kemen­te­rian perhubungan sedang menuju birokrasi yang lebih baik lagi dan masyarakat akan dapat merasakan perubahan dan eksistensi kementerian perhubungan dalam bentuk peningkatan keselamatan dan pelayanan yang lebih baik. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]