KPU dan Paslon Kunjungi Daerah Pelosok


Kamis, 17 September 2015 - 19:39:34 WIB

Ketua KPU Solsel, Is­yuliardi Maas mengatakan, meski medan yang di­tem­puh untuk mencapai daerah ter­pencil itu sulit dan jar­ak­nya jauh, pihaknya tetap me­lakukan sosialisasi Pil­kada ke sana. Pihaknya tidak mem­pertimbangkan jumlah pen­duduk di daerah pelosok seperti itu sedikit di­ban­ding­kan daerah lain, karena m­e­nurutnya, mereka me­miliki hak yang sama dengan ma­­syarakat lain untuk men­da­patkan informasi Pilkada.

Ia menambahkan, ken­dala yang dihadapi pihaknya melakukan sosialisasi ke daerah terpencil adalah ber­tambahnya biaya, terutama ke daerah seperti Lubuk Ulang Aling yang tak semua daerahnya bisa dilewati oleh mobil, tapi harus meng­guna­kan perahu boat yang disewa.

Sementara itu, Abdul Rahman, calon wakil bupati Solsel, berencana me­la­ku­kan sosialisasi bersama pa­sangannya, Muzni Zakaria, ke daerah-daerah yang jauh seperti Lubuk Ulang Aling itu. Paslon nomor urut satu itu akan menyampaikan in­for­masi seputar pem­ba­ngu­nan di berbagai bidang yang telah mereka lakukan se­lama menjabat sebagai kepala daerah.

“Kami juga akan me­nyam­paikan apa yang akan kami lakukan lima tahun ke depan jika nanti terpilih,” ujar Rahman saat dihubungi Haluan, Kamis (17/9).

Meski jumlah penduduk di sana tak begitu banyak, kata Rahman, pihaknya ti­dak memandang itu karena me­reka juga berhak men­da­patkan hak demokrasi dan pendidikan politik. Selain itu, kata Rahman, mereka juga warga Solsel, yang ka­rena itu perlu dikunjungi dan di­dengarkan harapan mereka.

Sementara itu, Edi Su­santo, calon wakil bupati yang berpasangan dengan Khairunas, akan melakukan sosialisasi ke Lubuk Ulang Aling Pada 27 Oktober nanti. “Kami berencana berada di Lubuk Ulang Aling se­lama seminggu ka­rena di sana ada tiga nagari dan puluhan jorong yang harus dikunjungi masing-ma­singnya.

Paslon nomor urut 2 itu berpandangan, sosialisasi ke daerah pelosok seperti itu penting dilakukan, karena pembangunan di sana belum mamadai, apalagi seperti daerah Lubuk Ulang Aling. Menurut Edi, daerah itu kaya potensi sumber daya alam, seperti emas, tapi pemba­ngunan di bidang kesehatan, pendidikan, eko­nomi, infra­struktur dan se­ba­gainya, di sana masih sedikit.

Sejauh ini, pihaknya te­lah melakukan sosialisasi ke Mer­cu, yakni daerah pe­losok di Kecamatan Sangir Balai Janggo.  “Kami akan me­ngun­jungi semua daerah pelosok di Solok Selatan, karena mereka juga warga Solok Selatan yang perlu di­per­hatikan,” sebutnya.

Saat mengunjungi dae­rah pelosok, pihaknya juga mem­­berikan pendidikan po­litik kepada masyarakat di sana. (h/dib)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 19 September 2020 - 18:36:21 WIB

    Hari Ini, KPU Mentawai Launching Pengumuman DPS

    Hari Ini, KPU Mentawai Launching Pengumuman DPS HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Mentawai hari ini, Sabtu, (19/09) melaunching pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) bertempat di Aula Hotel Jelita, Jalan Raya Tuapejat Km 0, Keca.
  • Sabtu, 19 September 2020 - 14:52:22 WIB

    Staf KPU Dharmasraya Dikabarkan Positif Covid-19, Uji Publik DPS Dibatalkan

    Staf KPU Dharmasraya Dikabarkan Positif Covid-19, Uji Publik DPS Dibatalkan HARIANHALUAN.COM - Dikabarkan salah seorang staffnya positif terpapar virus Covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, membatalkan mendadak kegiatan Launching Daftar Pemilihan Sementara (DPS).
  • Jumat, 18 September 2020 - 15:33:06 WIB

    Tangkal Berita Hoax, KPU Mentawai Rangkul Media

    Tangkal Berita Hoax, KPU Mentawai Rangkul Media HARIANHALUAN.COM - Uapaya menangkal berita hoax di sosial media menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Mentawai merangkul media baik me.
  • Ahad, 13 September 2020 - 09:49:05 WIB

    KPU Buka Rekrutmen Relawan Demokrasi 

    KPU Buka Rekrutmen Relawan Demokrasi  HARIANHALUAN.COM - Bantu kelancaran pemilihan serentak tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, membuka pendaftaran atau rekrutmen anggota relawan demokrasi (Relasi)..
  • Jumat, 04 September 2020 - 13:50:49 WIB

    Tak Patuhi Putusan Pengadilan, Fauzan Haviz Layangkan Surat Peringatan Kedua Ke KPU Bukittinggi

    Tak Patuhi Putusan Pengadilan, Fauzan Haviz Layangkan Surat Peringatan Kedua Ke KPU Bukittinggi HARIANHALUAN.COM - Tidak mengindahkan surat peringatan pertama, akhirnya Fauzan Haviz melayangkan surat peringatan kedua kepada KPU Bukittinggi terkait dengan Putusan Pengadilan Negeri (PN) Kelas I A Padang No. 108/Pdt.G/2018.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]