Pemerintah Pusat Hibahkan Aset Rp2,2 Miliar


Kamis, 17 September 2015 - 19:42:05 WIB

Sekdaprov Sumbar, Ali As­­mar saat menjadi ins­pek­tur­­ upacara peringatan Hari Pe­r­hubungan Nasional ta­hun 2015, di kantor ter­sebut Ka­mis­ (17/9) me­ngatakan, ke­bi­jakan ini telah lama di­tung­gu-tunggu. Apalagi ma­sya­ra­kat Sum­bar juga su­dah lama ber­harap kereta api Duku-BIM segera ber­ope­rasi.

“Jika aset ini dihibahkan, maka kawasan sekitarnya dapat dimanfaatkan sepe­nuhnya untuk kegiatan ope­rasional KA BIM,” terang Ali Asmar pada upacara yang diikuti oleh para mitra dan pensiunan Dinas Per­hubungan itu.

Bahkan, Presiden RI da­lam agenda kunjungannya ke Sumbar yang dijadwalkan selama 2 hari, Rabu (23/9) dan Kamis (24/9) men­da­tang, akan menyempatkan diri meninjau pembangunan jalur kereta api Duku-BIM dan sekaligus meresmikan stasiun KA BIM.

Ditambahkan Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Sumbar Amran, bangunan Karantina Hewan milik Kementerian Perta­nian RI itu akan dipakai untuk terase jalur KA. Meski demikian, pihaknya sudah menyiapkan lahan pengganti yang juga akan dihibahkan ke Kementerian Pertanian nantinya. Lokasinya sekitar 200 meter dari bangunan sekarang.

“Pemerintah pusat sudah setuju untuk pengalihan aset ini, jadi tidak ada kendala. Kita juga sudah siapkan lokasi pengganti Karantina Hewan ini. Dan sesuai target, akhir Desember 2015 pem­bangunan jalur KA Duku-BIM bisa kita tuntaskan,” katanya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan, dalam sambutan ter­tu­lisnya yang dibacakan Sekaprov Sumbar Ali As­mar menyebutkan, peri­nga­tan Hari Perhubungan Na­sio­nal ini harus dimaknai sebagai momentum yang tepat untuk merenungkan kembali kinerja dan ber­bagai peristiwa yang terjadi di sektor perhubungan. Se­lain itu juga menyatukan persepsi dan tekad untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

Terkait penyerapan ang­garan, pihaknya minta per­ce­patan tanpa melanggar aturan. Jika dalam pelak­sanaannya perlu penye­lesai­an Amdal dan rencana in­duk, maka kedua doku­men itu agar diproses bersamaan dengan pelaksanaan pem­bangunan sesuai Detail Engi­nering Design (DED) yang disepakati.

“Kami harapkan, tidak ada lagi proses pem­ba­ngu­nan dan pelaksanaan ang­garan yang terkendala doku­men Amdal dan rencana induk,” katanya. (h/vie)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]