Minat Guru Urus Sertifikasi Berkurang


Kamis, 17 September 2015 - 19:42:32 WIB

Pantauan Haluan di se­jum­lah sekolah, guru-guru yang selama ini menerima tunjangan sertifikasi, kece­wa pada proses sulitnya mengurus sertifikasi.

Salah seorang guru SMK N 6 Padang Nurhayati, me­nga­ku, tidak semangat lagi untuk mengurus sertifikasi ini. Syaratnya memang tidak susah, namun mengurusnya sekarang cukup rumit kare­na langsung berhubungan dengan pemerintah pusat. Tidak itu saja, dinas kota (Dinas Pendidikan, red) juga mempersulit guru da­lam mengurus sertifikasi ini.

“Syarat ini itu yang mem­­buat kita susah selama ini. Kalau hanya syarat un­tuk mengajar 24 jam saja, itu tidak sulit bagi kita sebagai guru. Tetapi, kita harus pula me­ngurus administrasi yang ru­mit, itu yang susah. Apa­lagi saat ini guru juga harus mem­perbaharui data sesuai ins­truksi dari pusat,” pa­parnya.

Karena sulit itu, menurut Nurhayati, untuk ke depan dirinya tidak akan mengurus sertifikasi lagi. Apalagi, beban mengajar juga se­makin banyak.

“Karena berbagai proses yang rumit itu, kita para guru jadi tidak memikirkan lagi kemajuan dunia pendidikan. Kami jadi sibuk mengurus sertifikasi saja. Makanya, saya putuskan untuk tidak mengurusnya tahun depan. Sudahlah syaratnya susah, cairnya pun sulit, ada saja alasan. Kadang seharusnya cair 6 bulan misalnya, masuk rekening hanya 3 bulan,” paparnya.

Keluhan susahnya pro­ses administrasi sertifikasi ini juga dirasakan oleh Mai­dawati, guru salah satu se­kolah dasar di Kuranji.

“Kadang data base kita dimasukkan ke Dapodik, kalau salah sudah tidak bisa diperbaiki. Kalau begini, kami yang sudah tua ini sangat bingung. Mudah-mudahan sertifikasi ini ti­dak mempersulit guru. Karena tugas guru itu mengajar, jangan sita waktu kami hanya untuk mengurus sertifikasi ini,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pa­dang Habibul Fuadi me­ngatakan, tidak ada syarat apapun yang sulit dalam mengurus sertifikasi.

“Semuanya tergantung keseriusan dari guru tersebut untuk memperjuangkan hak-haknya,” kata Habibul Fuadi.(h/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 16:20:10 WIB

    Corona Bikin Cemas, Pasar Raya Padang Tak Lagi Diminati Pengunjung

    Corona Bikin Cemas, Pasar Raya Padang Tak Lagi Diminati Pengunjung PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pasar Raya Padang di Jalan Kampung Baru, Kota Padang, Provinsi Sumbar yang biasanya menjadi favorit pembeli sebagai salah satu pusat perbelanjaan terlihat lengang dari hari-hari sebelumnya. Hal ini.
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 19:37:55 WIB

    Pacu Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Gelar Lomba Bercerita

    Pacu Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Gelar Lomba Bercerita PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang menggelar lomba bercerita tingkat SD/MI se-Kota Padang tahun 2020 bertajuk "Tumbuh Kembangkan Gemar Membaca dan Tingkatkan Prestasi Generasi Muda". Lomb.
  • Selasa, 09 Juli 2019 - 21:41:17 WIB

    Masih Kosong, Rusunawa Khusus Lajang Tak Diminati di Padang

    Masih Kosong, Rusunawa Khusus Lajang Tak Diminati di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Kota Padang Yenni Yuliza, mengatakan bahwa Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Pasia Nan Tigo masih terisi 30 persen. Bl.
  • Selasa, 24 Oktober 2017 - 18:37:29 WIB

    Investasi Kereta Gantung Diminati

    Investasi Kereta Gantung Diminati PADANG, HARIANHALUAN.COM--Kabar baik bagi Kota Padang dari Regional Investment Forum (RIF) 2017. Dua perusahaan dari Jakarta tertarik membuat kereta gantung di Gunung Padang. Selain itu, satu investor berencana membangun hote.
  • Rabu, 07 Juni 2017 - 18:44:33 WIB

    Kota Padang Masuk Nominator Piala Adipura

    Kota Padang Masuk Nominator Piala Adipura PADANG, HARIANHALUAN.COM—Walikota Padang akan melakukan presentasi di Jakarta, hari ini Kamis (8/6). Presentasi akan dilakukan di depan Dewan Pertimbangan Adipura, Ahli Persampahan, dan Ahli Pemasaran. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]