Gempa Dahsyat 8,3 SR Guncang Chile


Kamis, 17 September 2015 - 19:46:45 WIB

“Sekali lagi, kita harus meng­hadapi pukulan keras dari alam,” tutur Bachelet da­lam pernyataannya me­lalui te­le­visi nasional, se­perti dilan­sir Reu­ters, Kamis (17/9/2015).

Otoritas setempat me­nyebut sedikitnya 5 orang tewas akibat bencana alam ini. Sebagian besar korban tewas berada di kota Illapel. Seorang wanita berusia 26 tahun tewas tertimpa tem­bok roboh di Illapel dan se­orang warga lainnya tewas di Santiago, akibat serangan jantung saat gempa terjadi.

“Ini akan menjadi ma­lam yang panjang,” tutur warga setempat, Ronny Perez,

Gempa ini merusak ru­mah warga, gedung dan me­lukai beberapa orang. Aliran listrik di wilayah Illapel terputus akibat gempa dan warga tidak mendapat suplai air minum yang layak. Se­kitar 1 juta warga Chile terpaksa dievakuasi ke lo­kasi yang lebih aman, setelah pemerin­tah merilis perintah evakuasi.

Provinsi Central Choapa merupakan wilayah paling dekat dengan pusat gempa. Otoritas Chile menyatakan provinsi ini sebagai zona bencana dan mem­berla­ku­kan aturan darurat militer.

Tayangan televisi setem­pat menampilkan warga yang pa­nik dan berkumpul di jalanan, dekat gedung-ge­dung yang rusak. Gelom­bang tsunami setinggi 3 meter hingga 4,5 meter dila­porkan menerjang wilayah Coquimbo, yang ter­letak dekat pantai. (h/dtc)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 07 Desember 2016 - 17:39:14 WIB

    Gempa Pidie Jaya, Layanan XL Tetap Normal

    Gempa Pidie Jaya, Layanan XL Tetap Normal ACEH, HALUAN—Terkait terjadinya gempa di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam pada Rabu pagi (7/12). Dalam rilis yang diterima harianhaluan. XL turut menyampaikan duka cita yang mendalam kepada masyarakat .
  • Sabtu, 12 Maret 2016 - 03:39:18 WIB

    Gempa Dua Pekan Lalu Tak Berdampak pada Tingkat Hunian Hotel di Padang

    PADANG, HALUAN — Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Barat (Sumbar) belum melihat dampa gempa Mentawai dua pekan lalu terhadap tingkat hunian hotel di Kota Padang..
  • Senin, 26 Oktober 2015 - 20:50:16 WIB

    Gempa 7,5 SR Guncang Afghanistan

    12 ORANG TEWAS DI PAKISTAN

    ISLAMABAD, HA­LU­AN — Gempa bumi berkekuatan 7,5 Skala Richter (SR) yang melanda Afghanistan, me­ma­kan korban jiwa. Sedi­kitnya 12 orang di Pakis.

  • Ahad, 26 Juli 2015 - 19:09:57 WIB

    Gempa Pakistan, 3 Orang Tewas

    ISLAMABAD, HALUAN Sedikitnya tiga orang tewas akibat gempa bumi berkekuatan 5,1 Skala Richter yang melanda Pakistan. Terdapat seorang anak di antara korban tewas ini.

    Seperti d.

  • Rabu, 10 Juni 2015 - 18:51:22 WIB

    Korban Gempa Jadi 18 Orang

    2 LAGI JASAD DITEMUKAN

    KUALA LUMPUR, HA LUAN — Jumlah korban jiwa akibat gempa yang meng­­guncang Gunung Kina­balu di Sabah, Malaysia telah bertambah menjadi 18 orang. Ini dik.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]