Asita: Hasil TdS Belum Maksimal


Kamis, 17 September 2015 - 19:55:58 WIB

Disampaikan pening­katan kunjungan wisman bisa juga diketahui melalui data kunjungan mereka ke Sumbar usai TdS. Tahun  2013 saja misalnya,  terang Burhasman, angka kunju­ngan wisman ke Sumbar masih berada di angka 48 ribu. Jumlah  tadi  me­ningkat ke angka 56 ribu orang usai pelaksanaan TdS 2014.

Lebih lanjut dikatakan, peningkatan  kunjungan wisman menjadi suatu hal yang mungkin terwujud, dikarenakan, TdS yang akan dilaksanakan untuk ketujuh kalinya ini telah  semakin membaik.  Perkem­bangan­nya bisa dilihat dari peru­bahan yang terjadi  melalui pelaksanan iven  tahun 2014­ dan 2015 sekarang.

Pada TdS tahun 2014,  jarak  tempuh yang dilalui hanya 1.250 kilo meter de­ngan hadiah Rp1,3miliar. Sementara,  tahun  2015 sekarang,  total hadiah  yang tersedia Rp1,4 miliar, dengan jarak tempuh 1.300 kilometer. Hingga kini, kata Bur­has­man, persiapan terus berjalan. “Sebelum hari H kita pastikan semuanya su­dah tak  ada masalah,” pung­kas Burhasman.

Belum Maksimal

Sementara itu,  Ketua Association of the Indonesia Tour & Travel Agencies (Asi­ta) Sumbar, Ian Hanafiah menuturkan pendapat yang  agak berbeda. Meski  diakui mampu membawa dampak positif terhadap pariwisata Sumbar, namun   hasil yang diperoleh dari pelak­sanaan TdS belum mak­simal.

“Dengan adanya TdS secara langsung dunia pa­riwisata Sumbar memang terpromosi dan terbentuk  image yang baik tentang Sumbar. Namun iven TdS ini terlihat belum mampu mendatangkan pengaruh yang besar terhadap pening­katan kunjungan wisata­wan,” katanya.

Ian berharap TdS bisa diperkenalkan lebih baik lagi pada pihak luar. Ter­masuk  menggencarkan in­for­masi pada kedutaan- ke­du­taan negara lain yang ada di Indonesia.  Dengan be­gitu para perwakilan negara luar itu juga akan bisa me­nga­jak warga mereka untuk menyaksikan TdS.

Tak hanya itu, tam­bah­nya, untuk pelaksanaan TdS semua pihak disarankan agar bekerja  lebih keras lagi meningkatkan target pen­capaian. Bupati dan wali­kota dan  pihak berwenang disa­rankan untuk tetap se­rius melakukan pem­be­ha­nan in­frastruktur, meski TdS telah usai dilak­sana­kan.

“Selama ini kami lihat lihat pembenahan in­fras­trukur pendukung cen­de­rung maksimal hanya saat TdS terlaksana saja.  Ketika iven usai, semua juga kem­bali seperti semula. Padahal kita berharap tempat-tempat yang dipakai saat pelak­sanaan TdS tetap dikelola dengan baik, meskipun  kegiata itu telah selesai di­lak­sanakan. Dengan begitu wisatawan juga lebih tertarik untuk datang berkunjung,” ucapnya. Tentang pening­katan kun­jungan wisatawan, me­nurut Ian belum bisa dipas­tikan karena pengaruh TdS atau tidak. (h/mg-len)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]