Objek Wisata Baru di Bukittinggi


Jumat, 18 September 2015 - 19:02:34 WIB
Objek Wisata Baru di Bukittinggi

Dengan potensi wisata yang ada di Bukittinggi, menjadikan kota kela­hiran proklamator Bung Hatta ini sebagai kota Destinasi pariwisata di Sumbar. Bahkan pariwisata Kota Bukittinggi selalu mengalami pe­ningkatan dari tahun ketahun, baik itu dari segi jumlah kunjungan wisatawan maupun dari segi objek wisata. Pe­ningkatan yang terjadi itu berkat upaya pemerintah daerah setempat untuk merevitalisasi objek wisata yang ada serta membuka sejumlah objek wisata baru.

Baca Juga : Kolam Pemandian Hotwater Boom Solsel Tetap Buka, Satpol-PP Gelar Patroli

Saat ini Bukittinggi disamping memiliki sejumlah objek wisata yang ada seperti Jam Gadang, Taman Mar­ga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK), Panorama Ngarai Sianok, Lobang Jepang, Janjang Saribu, dan Janjang Koto Gadang, kini Bukittinggi juga memiliki objek wisata baru yakni Taman Ngarai Maaram.

Ya, Taman Ngarai Maaram yang berlokasi di belakang Komplek Ru­mah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi merupakan ruang terbuka hijau (RTH) yang menjadi objek wisata baru di Bukittinggi. Taman Ngarai Maaram sangat cocok untuk mengisi liburan akhir pekan sekaligus sebagai tempat arena bermain keluarga.

Baca Juga : Hati-hati! Eksploitasi Anak Rawan Terjadi di Wisata Indonesia

Taman Ngarai Maaram yang me­miliki luas sekitar 1 Hektar ini, dilengkapi beragam fasilitas pen­dukung, seperti fasilitas bermain anak  diantaranya ayunan dan selun­curan yang dapat memanjakan anak bermain disini. Disekeliling taman juga disediakan tempat duduk bagi pengunjung, baik yang terbuat dari batu, dari plastik, maupun dari kayu. Disamping itu juga terdapat arena pertunjukan Medan Nan Bapaneh (pentas terbuka) yang dilengkapi tempat duduk penonton berlatarkan pemandangan Ngarai Sianok

Bahkan fasilitas yang paling me­narik di Ngarai Maaram ini adalah Titian Selfie dibibir jurang ngarai yang terbuat dari rangka besi dengan lantai papan yang dapugari dengan kawat disepanjang titian. Titian Selfie yang menghadap langsung ke hamparan Ngarai Sianok yang hijau dan luas itu menjadi daya tarik sendiri bagi pe­ngunjung untuk berfoto Selfie bersama keluarga.

Baca Juga : Sandiaga Uno Mengaku Merinding Saat Salat Isya di Hotel Marbella Anyer, Ada Hantu?

Untuk masuk ke Taman Ngarai Maaram, pengunjung juga tidak dipu­ngut biaya, cukup hanya membayar sewa parker kepada petugas Parkir. Kehadiran taman Ngarai Maaram juga menambah jumlah kunjungan wi­satawan ke Bukittinggi. Hal ini terlihat hampir setiap hari pengunjung datang untuk menikmati keindahan pano­rama alam di ruang terbuka hijau Taman Ngarai Maaram Bukittinggi

Menurut Kepala Dinas Kebu­dayaan dan Pariwisata Kota Bukit­tinggi, Melfi Abra, sebelumnya objek wisata Taman Ngarai Maaram ini merupakan lahan tidur yang tidak terkelola dengan baik. Melihat kondisi lahan yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata karna lokasinya berada dipinggir ngarai sianok, maka dilakukan re­novasi untuk menjadi salah satu objek wisata baru.  (h/tot)

Baca Juga : Pariwisata Era Baru, Sandiaga: Berbasis Alam Terbuka

 

Laporan:
RUDI GATOT

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]