Wakili Sumbar Saka Wirakartika Tingkat Nasional


Jumat, 18 September 2015 - 19:10:03 WIB
Wakili Sumbar Saka Wirakartika Tingkat Nasional

Kegiatan saka wira­kar­tika memiliki agenda rutin dalam kepramukaan yatu kegitan bakti masyarakat korem wirabraja  yang di­ikuti oleh 4 propinsi, yaitu Sumbar, Kepri, Sumut, dan Riau dengan tuan rumah Sumatera Utara tepatnya di bumi perkemahan Sibo­la­ngit Kab Deli Serdang Su­matera Utara, tanggal 25 s/d 29 Agustus 2015. Sedangkan utusan kodim 0312 Padang adalah siswa SMK Dhuafa yang dilepas oleh kepala sekolah disaat upacara ben­dera dihadapan siswa dan guru smk Dhuafa Padang.

Baca Juga : Kajur Teknik Sipil PNP Sebut Kampus Merdeka Mendobrak Tembok Antar Disiplin Keilmuan

Menurut Kepala SMK Dhuafa Nusantara Padang, Syamsurizal, S. Hum Ke­giatan ini sengaja dilepas di sekolah oleh pihak sekolah Senin, 24/8 lalu. Kegiatan pramuka sendiri untuk  me­motivasi siswa siswi yang lainnya sehingga muncul minat dan bakat siswa dalam kegiatan pramuka. Di­sam­ping mengurangi tawuran, juga membentuk disiplin, mental serta karakter para siswa. Kegiatan kepra­mu­kaan untuk mencari bakat dan minat siswa tentunya kegiatan ekstrakurikuler perlu ditingkatkan agar se­mua bakat siswa bisa ter­salurkan dengan baik se­hingga siswa terhindar dari pegaruh kenakalan remaja, narkoba dan tauran.

“Kami sangat bangga atas terpilihnya SMK Dhua­fa Padang mewakili SMA yang ada di Padang dalam rangka pramuka di Medan bersaing dengan empat pro­vinsi lainya untuk dipilih ke Makassar, ini prestasi yang sa­ngat membahagiakan. Se­moga kedepan banyak lagi momen dan kegiatan yang dapat mengharumkan Pa­dang dan SMK Dhuafa Nu­santara Padang di kancah Nasional,”ujar Syamsurizal.

Baca Juga : Yah.., Beginilah Prostitusi Online di Kota Pekanbaru

SMK Dhuafa Wakili Sumbar ke Kendari

Setelah mengikuti ke­giatan kepramukaan di bumi perkemahan di Medan, dan akhirnya SMK Dhuafa Pa­dang terpilih mewakili Sum­bar tingkat SLTA ke Bumi perkemahan dalam rangka Temu Saka WiraKartika se Indonesia yang diadakan di Kendari Sulawesi Tenggara. Pelaksanaan diadakan dari tanggal 3 sampai 9 Oktober 2015 mendatang.

Baca Juga : Museum Raja Ali Haji, Sumber Ilmu Generasi Milenial

SMK Dhuafa satu-satu­nya sekolah yang dipilih un­tuk 2 orang peserta, 1 orang putra dan 1 orang putri dian­taranya, Yos Su­dar­so dan Yelli Sovia.

SMK Dhuafa Bebagi Hewan Qurban.

Baca Juga : Para Ulama Besar Terdahulu juga Pernah Ditangkap Penguasa Zalim, Begini Kisahnya

SMK Dhuafa Padang yang berada di bawah nau­ngan Yayasan Bhakti Nu­santara Isafat Sumbar, se­tiap tahunya selalu me­ngadakan penyemblihan hewan qurban.

Pelaksanaan qurban ini merupakan bukti cinta dan kasih antar sesame dan ber­bagi dengan yang mem­butuhkan.

Kepala SMK Dhuafa Padang Syamsurizal, S. Hum mengutarakan, tiap tahun di SMK Dhuafa selalu mengadakan pelaksanaan penyembelihan hewan qur­ban. Hewan qurban ini kita himpun dari para majelis guru dan masyarakat sekitar yang mau berpastisipasi dan berbagi dengan kaum dhua­fa, pada umumnya daging hewan qurban ini kita prio­ritaskan pembagianya untuk pondok pesantren dan siswa SMK Dhuafa, setelah itu baru kita sebarkan bagi masyarakat sekitar SMK, ujarnya.

Sementara itu, Ketua  DPD ISAFAT Kota Padang Hariyanto,SS menyam­pai­kan, program ISAFAT sa­ngat berkaitan dengan SMK sendiri. Pada tahun ini, SMK Dhuafa dan Isafat Padang melakukan 2 ekor sapi dan 3 ekor kambing untuk di qorbankan pengumpulan dan penyaluran hewan qur­ban berasal dari para majelis guru, pengurus dan masya­rakat yang mempercayai kepada kami dan nanti kita bagikan kepada kaum dhua­fa, simpatisan dan relawan maupun  masyarakat yang berada disekitar SMK Dhua­fa sendiri.

“Kita punya prinsip, mes­­ki­pun kita kurang na­mun dalam hal berbagi sua­tu keharusan bagi kami. Karena kita tahu Allah men­cintai orang kaya yang pe­murah, tapi Allah sangat mencintai orang miskin yang pemurah,”ujar Putra Pessel ini lagi.

Disamping itu,  Arie menambahkan selain me­ngumpulkan peserta qurban ISAFAT juga menyalurkan daging qurban yang kita kumpulkan dari pengurus Masjid/mushalla yang kele­bihan daging qurban, mak­a Isafat dan SMK Dhuafa Padang siap menyalurkan kepada fakir miskin, anak terlantar dan mungkin ada diantara masyarakat kita yang tidak kebagaian daging qurban saat itu.***

 

Laporan:
OSNIWATI

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]