Kemensos Dorong Pemko Lahirkan Perda


Jumat, 18 September 2015 - 19:47:37 WIB

Kegiatan tersebut, se­perti yang dilaporkan Ke­pala Dinsos dan Naker Kota Payakumbuh, Idris, diikuti 60 peserta, dari unsur pe­laksana dan pokja  UPT- KAN, serta sejumlah pim­pinan SKPD terkait.

Wakil Walikota Paya­kumbuh H. Suwandel Much­tar, usai membuka rakor, meminta seluruh peserta dapat merumuskan rancangan peraturan daerah yang menyangkut dengan bidang kesejahteraan sosial itu. “Ini signal positif yang harus disikapi segera. Un­tuk peningkatan kesejah­teraan masyarakat, jangan pernah mengulur waktu,” ulasnya.

Menurut dia, penguatan kelembagaan urusan kese­jahteraan, seperti diminta Puslitbang Kemensos, lang­kah maju yang harus di­sam­but hangat. di Paya­kumbuh pendirian kelem­bagaan sosial baru berda­sarkan SK Wa­likota Paya­kumbuh. Karena itu, wawa­ko meminta, SKPD terakait segera merancang ranper­danya, agar mendapat perha­tian khusus dari pe­merintah pusat.

Kelembagaan kese­jah­teraan sosial di Pa­yakumbuh itu berupa Unit Pelaksana Teknis Kesejahteraan Anak Nagari (UPT-KAN). Turu­nannya, dalam rangka mem­bantu biaya pendidikan ke­luar­ga miskin, dibentuk LKS (Lembaga Kese­jah­teraan Sosial) Mitra Kena­nga, sejak awal 2014 lalu. Sumber dananya, melalui infak dan sedekah pegawai dan guru dijajaran Pemko Payakumbuh.

Kehadiran LKS Mitra Kenanga, dikatakan, cukup membantu warga kurang mampu. Namun, organisasi ini cukup kewalahan, mela­yani permintaan keluarga  miskin, karena keterbatasan dana yang diterima. Se­men­tara itu, LKS Mitra Kenanga yang dibentuk UPT-KAN, mendapat apresiasi oleh Kemensos. Hanya saja, ban­tuan baru bisa diberikan, jika kelembagaan itu dibentuk dengan Perda. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 02 September 2020 - 09:41:05 WIB

    Pembagian BLT Kemensos Tahap IV dan V di Bayang Terapkan Protokol Kesehatan

    Pembagian BLT Kemensos Tahap IV dan V di Bayang Terapkan Protokol Kesehatan HARIANHALUAN.COM - Pembagian bantuan langsung tunai (BLT) dana Kemensos Tahun 2020 bagi warga yang terkena dampak Covid-19 di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan tahap IV dan V sudah dibagikan..
  • Sabtu, 16 Mei 2020 - 20:59:28 WIB

    Bansos Tunai dari Kemensos Dibagikan untuk Masyarakat Pesisir Selatan

    Bansos Tunai dari Kemensos Dibagikan untuk Masyarakat Pesisir Selatan HarianHaluan.com - pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Provinsi Sumatra Barat dan BLT dari APBD Kabupaten Pesisir Selatan, kini giliran Bantuan Sosial (Bansos) Tunai dari Kementerian Sosial (Kemensos) R.
  • Kamis, 16 Januari 2020 - 15:30:32 WIB

    Lisda Hendrajoni Apresiasi Kemensos dan BNPB

    Lisda Hendrajoni Apresiasi Kemensos dan BNPB PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi VIII DPR RI dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Lisda Hendrajoni memberikan apresiasi atas kinerja Kementerian Sosial (Kemensos) dan Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB), d.
  • Jumat, 27 September 2019 - 19:33:30 WIB

    50 KUBE di Sawahlunto Terima Bantuan UEP Kemensos

    50 KUBE di Sawahlunto Terima Bantuan UEP Kemensos SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 50 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kota Sawahlunto memperoleh bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dari Kementerian Sosial RI. Bantuan sebesar Rp 20 juta per kelompok itu diserahka.
  • Rabu, 11 September 2019 - 15:34:15 WIB

    Solsel Terima Bantuan dari Kemensos untuk Rehab 100 Rumah

    Solsel Terima Bantuan dari Kemensos untuk Rehab 100 Rumah SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menerima bantuan rehab rumah tidak layak huni (rutilahu) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI sebanyak 100 unit pada 2019 ini..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]