Penderita ISPA di Pariaman Capai 4.239 Orang


Jumat, 18 September 2015 - 19:49:38 WIB

Selanjutnya batuk bukan pneumonia sebanyak 582 kasus (anak usia 5 tahun). Sementara untuk kategori umum, jumlah pederita In­fluenza Like Illness (ILI) tercatat sebanyak 819 kasus. Sehingga sepanjang Juli 2015, jumlah kasus ISPA tercatat 1423 kejadian.

Grafik peningkatan yang cukup drastis, terlihat se­panjang Agustus 2015. Pen­derita pneumonia di bulan ini usia 0-4 tahun sebanyak 39 kejadian, batuk bukan pneumonia yang diderita anak di atas 5 tahun se­banyak 1117 dan kalangan umum penderita ILI se­banyak 1660 kasus, dengan jumlah total mencapai 2816 kasus. Sehingga jika di total jumlah kasus dari Juli-Agus­tus, tercatat 4239 kasus.

“Jika dilihat dari in­dikasi peningkatan jumlah ka­sus ISPA tersebut, bisa di­katakan penyebabnya adalah kabut asap yang terjadi sejak dua bulan terakhir. Langkah atisipasi yang telah kita ambil diantaranya mela­kukan rapat koordinasi de­ngan tim tanggap darurat daerah, kemudian membuat surat edaran ke setiap keca­matan dan Puskesmas, serta membagikan masker kepada masyarakat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pa­riaman, Yutiardi Rifai kepa­da Haluan, Jum’at (18/9).

Pada kesempatan itu, Yutiardi mengimbau agar masyarakat sebisa mungkin mengurangi aktivitas di luar rumah. Jikapun keluar ru­mah, masyarakay disarankan untuk menggunakan masker dan rutin untuk meminum air putih. “Kadar partikel yang bisa dikatakan di am­bang normal/sehat 0-50 ug/m3, sedangkan kondisi saat ini mencapai 110-120 ug/m3 dengan kadar oksigen 60-70%,” terang Yutiardi.

28 Ribu Masker

Sementara dari Kota Padang Panjang, fenomena kabut asap kembali melanda daerah berpenduduk sekitar 50 ribu jiwa itu. Meski sem­pat menipis pasca diguyur hujan sejak dua hari terakhir, namun kabut volume kabut asap kembali menebal. Atas kondisi itu, pemko melalui BPBD Kota Padang Pan­jang, telah membagikan 28 ribu masker kepada masya­rakat di 16 kelurahan.

Kepala BPBD Padang Pan­jang, Erizal me­nyam­paikan, selain membagikan langsung masker kepada masyarakat, pihaknya juga mendistribusikan masker kepada empat Puskesmas yang ada di Kota Padang Panjang, untuk ikut me­m­bagi-bagikannya kepada war­­ga ataupun pasien. Pem­bagian masker dipimpin Kabid Kedaruratan dan Lo­gistik BPBD, Sukma.

“Kita telah bagikan mas­ker sebanyak 28 ribu kepada warga di 16 Kelurahan yang ada di kota Padang Panjang. Pembagian masker ini salah satu upaya dalam me­ngan­tisipasi dampak kabut asap, agar masyarakat ter­kon­taminasi dengan udara yang tidak lagi sehat,” jelas Erizal didampingi Sukma.

Dari data Dinas Ke­se­hatan Kota Padang Panjang, dampak bencana kabut asap juga me­nimbulkan korban penderita ISPA. “ Hingga saat ini kita belum me­nge­tahui berapa jumlah warga yang terserang ISPA. Kita juga akan melak­u­kan pen­dataan mela­lui Pus­kes­mas dan RSUD,” kata Erizal. BPBD pung­kasnya, akan selalu me­man­tau situasi kabut asap kiriman dari kebakaran hutan yang ter­jadi. Sebut Eri­zal, pihaknya terus me­ngim­bau agar ma­sya­rakat mengurangi ak­­tivi­tas­nya di luar rumah. “Mes­kipun jum­lah masya­ra­kat yang ter­kena ISPA masih di bawah seratus, saya harap ma­sya­rakat tetap waspada,” im­­baunya. (h/mg-man/mg-pis)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 14:39:26 WIB

    Pemkab Padang Pariaman Biayai Pengobatan Seorang Warga Penderita Kanker

    Pemkab Padang Pariaman Biayai Pengobatan Seorang Warga Penderita Kanker HARIANHALUAN.COM - Mendengar informasi dari masyarakat terkait Juni Arita (35), penderita tumor ganas dari Korong Pauah Manih, Nagari Koto Dalam Selatan Kecamatan Padang Sago yang sempat viral di media sosial minggu ini, Ali .
  • Jumat, 10 April 2020 - 21:38:36 WIB

    Dikunjungi Gubernur Sumbar dan Bupati Pessel, Ini Testimoni Wely Penderita Covid-19 yang Sembuh

    Dikunjungi Gubernur Sumbar dan Bupati Pessel, Ini Testimoni Wely Penderita Covid-19 yang Sembuh PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengunjungi Wely, panggilan  akrab Aswiliarti (45th), pasien sembuh Covid 19 di Nagari Jinang Kampung Pansur Kecamatan K.
  • Kamis, 01 Agustus 2019 - 17:13:25 WIB

    Sering Mengamuk, Penderita Gangguan Jiwa Diamankan Polisi

    Sering Mengamuk, Penderita Gangguan Jiwa Diamankan Polisi SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM — Polsek Sijunjung melalui anggota Bhabinkamtibmas Brigadir Polisi Andri Syam mengamankan salah seorang warga yang diduga mengalami gangguan jiwa yakni Nasrul alias NAI (65) yang telah meresahkan.
  • Sabtu, 01 Oktober 2016 - 03:26:42 WIB

    Penderita HIV/AIDS di Payakumbuh Meningkat

    PAYAKUMBUH, HALUAN — Masyarakat Kota Payakumbuh perlu mewaspadai penyakit HIV/AIDS, karena masih menjadi salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di dunia..
  • Jumat, 22 Juli 2016 - 03:14:08 WIB

    Bupati bantu Qari Nasional Penderita Tumor

    Bupati bantu Qari Nasional Penderita Tumor DHARMASRAYA, HALU­AN — Sudah beberapa bu­lan, Qari Sumatera Barat yang mewakili Sumbar ke MTQ Nasional di Bengkulu itu mendeita sakit di bagian paha sebelah kiri. Pahanya mem­bengkak dan lama ke­lamaan tidak berfungsi. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]