Panwaslu Pasaman Temukan Masyarakat Usil di Pilkada


Jumat, 18 September 2015 - 19:50:30 WIB

Dalam laporan ber­no­mor 009/LP/PILBUP/IX/2015 ini,  bertindak sebagai pelapor Surya Tam­bunan dan Boy Roy Indra sebagai saksi. Dari hasil klarifikasi, Surya Tambunan melapor­kan dua item dugaan pe­lang­garan, yaitu pema­sangan bahan kampanye pasangan Yusuf-Atos di sembarang tempat dan pe­ma­sangan bahan kam­pa­nye itu dilakukan di sekitar lokasi pertemuan pasangan Benny-Daniel.

“Hasil temuan Pan­waslu, ada oknum ma­syarakat yang sengaja mem­buat tulisan di papan terkait penolakan terhadap salah satu pasangan. Tuli­san itu memuat kata-kata menjelek-jelekan. Namun, hasil pleno memutuskan, tidak dipenuhi unsur pida­na pemilu sehingga kasus tersebut sudah tuntas,” jelasnya.

Delapan pelanggaran lainnya, tukuk Rini, meru­pakan pelanggaran admi­nistrasi, salah satunya ter­kait Alat Peraga Kam­pa­nye (APK). Temuan itu melanggar PKPU Nomor 07 Tahun 2015 tentang Kampanye. Pelanggaran administrasi ini, kata Rini, dilakukan oleh tim kam­panye dari kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati, baik pelanggaran oleh pasangan Benny-Da­niel, maupun pelanggaran oleh pasangan Yusuf- Atos. Bahkan, dari temuan Pan­waslu itu, pelanggaran juga dilakukan oleh kedua pasa­ngan calon gubernur dan wakil gubernur.

“Rekomendasi telah kami serahkan kepada KPU­ Pasaman, nanti KPU menyurati tim kampanye pasangan calon.  Jika tidak di­ta­ati oleh pasangan ca­lon, panwaslu berko­ordi­nasi dengan Satpol PP me­minta bantuan untuk me­nu­runkan alat peraga kam­panye dan bahan kam­pa­nye yang disebar dan dipa­jang di sembarang tempat,” ungkapnya.

Panwaslu Pasaman mengakui banyaknya bali­ho dan spanduk serta pos­ter pasangan calon ber­tebaran di sejumlah keca­matan. Penurunan APK ini terkendala karena anggaran operasional yang tidak men­cukupi.

“Saat ini baru Keca­matan Lubuk Sikaping yang­ bisa ditertibkan. Itu­pun dengan anggaran ber­sama-sama, antara Pan­waslu, Satpol PP, KPU dan Kesbangpol dan Linmas,” sebut Rini Juwita. (h/col)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 28 Januari 2016 - 11:52:43 WIB

    DKPP Sidangkan KPU dan Panwaslu Sijunjung

    PADANG, HALUAN — Proses sidang Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sijunjung oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) berlangsung panas. Dari pernyataan yang dikeluarkan oleh majelis.
  • Rabu, 06 Januari 2016 - 03:15:37 WIB

    Laporan Cabup Pasbar Ditolak Panwaslu

    PADANG, HALUAN — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pasaman Barat menolak laporan dugaan pelanggaran dana kampanye yang diajukan oleh calon Bupati Zulkenedi Said pada 2 Januari lalu..
  • Selasa, 22 Desember 2015 - 02:39:57 WIB

    Panwaslu Kota Solok Laporkan Kakan Kemenag ke Komisi ASN

    SOLOK,HALUAN — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Solok telah melaporkan hasil kajian tentang keterlibatan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Solok M Nasir dalam kampanye dialogis Irzal Ilyas-Alfauzi .
  • Sabtu, 19 Desember 2015 - 03:20:48 WIB

    Panwaslu Rekomendasikan 85 KPPS Tak Dipilih Lagi

    PASAMAN, HALUAN — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pasaman mengeluarkan rekomendasi terhadap lima laporan yang diterima pihaknya. Salah satu rekomendasi menyebutkan, untuk tidak merekrut nama ketua dan anggota K.
  • Selasa, 15 Desember 2015 - 02:58:12 WIB

    Panwaslu Pasaman Terima Lima Laporan Terkait Pemilih

    PASAMAN, HALUAN — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pasaman menerima lima pengaduan masyarakat terkait daftar pemilih tetap tambahan ke-2 (DPT-TB2) di beberapa TPS yang berada di Kecamatan Rao Selatan, Padang Gel.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]