APBD-P Sumbar Disahkan Awal Oktober


Jumat, 18 September 2015 - 20:02:01 WIB

Ditegaskan Hendra, AP­BD-P 2015 direncanakan akan disahkan Rp4,2 triliun. Saat APBD-P disahkan, SK­PD pun sudah bisa melan­jutkan proses tender untuk program pembangunan fi­sik. Kemudian penyusunan program dalam APBD-P  ini akan disesuaikan de­ngan realisasi anggaran tiap-tiap SKPD.

“Jika realisasi rendah, maka program dievaluasi dan dipertimbangkan untuk tetap menerima anggaran, dikurangi atau malah ditam­bah.  Kita ambil patokan berdasarkan laporan eva­luasi atau realisasi semua SK­PD pada semester I,” kata Hendra

Dilanjutkannya, eko­no­mi Indonesia secara nasio­nal saat ini lagi goyah. Ter­masuk juga di Sumbar. De­ngan pengesahan APBD-P yang  tengah disegerakan , dana dari belanja peme­rintah diharapkan akan membantu menggenjot perekonomian.  Dalam hal ini, semakin tinggi realisasi APBD-P maka akan semakin banyak dana beredar di masyarakat, ekonomi pun  dinilai  akan terus menggeliat.

Di lain pihak, Plh Gu­ber­nur, Ali Asmar juga me­nyampaikan pendapat yang hampir senada. Ia me­nga­takan Pemprov dan DPRD akan bergegas menye­lesai­kan APBD-P sesegera mung­kin. Waktu penyelesaian ditarget  kurang lebih sebu­lan. “Kita pastikan awal Oktober sudah ketuk palu. Jadi semua SKPD bisa lang­sung realisasi.  Dalam hal ini m­asih tersisa waktu em­pat bul­an untuk menye­lesai­kan se­mua program,” ujar­nya.

Ali memaparkan, dalam nota pengantar itu yang disampaikan hari itu,  nilai APBD-P bertambah men­jadi Rp4,2 triliun dari AP­BD induk Rp4,1 triliun. Penambahan berasal dari pendapatan daerah senilai Rp50 miliar dan beberapa sumber lainnya.

Menyeimbangkan tam­bahan pendapatan ini, be­lan­ja daerah juga diting­katkan menjadi Rp4,2 tri­liun dari awalnya hanya Rp4,05 trilun. Jika masih ada kekurangan untuk me­nutupi belanja, kata dia, dana akan diambil dari sisa lebih penggunaan anggaran (silpa) tahun 2014 lalu.

Namun, lanjut dia, dalam menyusun program pada APBD-P, DPRD dan pem­prov juga telah mera­sio­nalisasi atau mengkaji ulang program yang kemungkinan tak bisa diselesaikan dalam waktu empat bulan ini. Be­berapa di antaranya peng­gunaan sisa tender pem­bangunan fisik yang tak bisa diselesaikan hingga akhir tahun.

“Kita pindahkan dana­nya untuk program lain yang lebih prioritas dan lebih memungkinkan untuk bisa selesai 100 persen,” jelas Ali.

Kemudian ia juga mene­rangkan, secara umum, alo­kasi pembagian dana APBD-P  terdiri dari, urusan pen­didikan Rp76 miliar, kese­hatan Rp492 miliar, pe­kerjaan umum Rp681 mi­liar, perumahan Rp6 miliar, penataan ruang Rp5,5 mili­ar, perencanaan pembangu­nan Rp13 miliar, perhubu­ngan Rp22 miliar. lingku­ngan hidup Rp18 miliar, pemberdayaan perempuan dan anak Rp3,5 miliar, KB Rp803 juta, sosial Rp27 miliar, ketenagakerjaan Rp10 miliar, koperasi/um­km Rp7,5 miliar, pena­naman modal Rp4,9 miliar, kebudayaan Rp14 miliar.

Kepemudaan/olahraga Rp17 miliar, kesatuan bang­sa/politik Rp11 miliar, oto­nomi daerah Rp2012 miliar, ketahanan pangan Rp9 mi­liar, pemberdayaan masya­rakat Rp13 miliar, kearspian Rp6 miliar, ko­mu­nikasi/informasi Rp11 miliar, per­pustakaan Rp2 mi­liar, Per­tanian Rp76 miliar, kehu­tanan Rp3 miliar, energi dan sumber daya mineral Rp5,5 miliar,  kelautan dan peri­kanan Rp15 miliar, per­dagangan Rp9 miliar, in­dustri Rp13 miliar.

“Pemprov akan mem­berdayakan semua SKPD untuk segera merealisasikan program yang ada di dinas mereka masing-masing. Hal ter­sebut akan kita lakukan mengingat realisasi yang ada sampai saat ini baru 52 per­sen lebih,” pungkas Ali As­mar. (h/mg-len)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 01:50:04 WIB

    Pengesahan APBD-P Terlambat, Pelaksanaan Program Harus Disegerakan

    PADANG, HALUAN — Pe­ngesahan APBD-Perubahan (APBD-P) Sumbar tahun 2016 mengalami sedikit keterlam­batan dari ketentuan peme­rintah pusat. Dari jadwal yang ditetapkan hingga 30 Sep­tember atau tiga bulan sebe­lum akhir .
  • Rabu, 12 Oktober 2016 - 01:42:08 WIB

    Sah! APBD-P Sumbar Rp4,8 T

    PADANG, HALUAN — DP­RD Sumbar menetapkan AP­BD Perubahan (APBD-P) Pro­vinsi Sumbar tahun 2016 sebesar Rp4,88 triliun. Pada paripurna penetapan Ran­perda APBD-P tahun 2016 yang berlangsung, Selasa (11/10) di Gedung DPRD.
  • Selasa, 04 Oktober 2016 - 01:36:04 WIB

    DPRD Dan SKPD Pemko Padang Kunker, Hamburkan Ratusan Juta demi Ranperda APBD-P

    PADANG, HALUAN — Te­muan Badan Pemeriksaan Keua­ngan RI (BPK RI) untuk me­ngem­balikan uang perjalanan dinas, tak membuat anggota DPRD Kota Padang jera. Pada Minggu (2/10) kemarin, seban­yak 45 anggota DPRD Kota Padang.
  • Jumat, 09 Oktober 2015 - 19:15:24 WIB

    APBD-P 2015 Disahkan, Realisasi Baru 50 Persen

    PADANG, HALUAN —An­g­garan Pendapatan dan Be­lanja Daerah Perubahan (AP­BD-P) Sumbar tahun 2015 akhirnya disahkan melalui Rapat Paripurna, Kamis (8/10). Total dana yang disahkan adalah, Rp4,27 triliu.

  • Senin, 28 September 2015 - 20:25:51 WIB

    APBD-P 2015 Tunggu Pengesahan

    PADANG, HALUAN — Ang­­­garan Pendapatan Be­lanja Daerah Perubahan (APBD-P) Sumbar masih menunggu ketok palu. Ren­cananya, APBD-P tersebut akan ditetapkan pada 2 Ok­tober mendatang.

    Ketua Ti.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]