Kemarau, Biaya Produksi PDAM Meningkat


Ahad, 20 September 2015 - 18:13:24 WIB

Fenomena El-nino di wilayah selatan garis kha­tulistiwa berupa musim ke­marau beberapa bulan tera­khir memicu peningkatan jumlah jam operasi pompa air hingga 18 jam perharinya. Pompa air Rantih sebut Syaf­nil, terpaksa mengalami penambahan waktu operasi dari biasanya, hal ini dila­kukan untuk menjaga paso­kan air ke sejumlah instalasi penyaringan air bersih, sebe­lum dialirkan ke pelanggan, yang kapasitasnya mencapai 1000 kubik per-harinya.

“Kita memperkirakan ke­naikan biaya produksi akan terus berlanjut, apabila kondisi cuaca akan masih berlanjut hingga akhir tahun 2015 ini. Kami menjamin ketersediaan debit air bersih akan tetap ada kendati ke­marau sampai akhir tahun,” ung­kapnya.

Sejauh ini ungkapnya, pa­sokan air diperoleh dari aliran sungai yang ada dikota ini yakni Sungai Ombilin dan batang lunto serta danau Kan­di, debit air diketika sumber pasokan tersebut terpantau cukup untuk kebu­tuhan 73 persen masyarakat yang menj­adi pel­anggan PDAM.

Pihaknya berharap, kon­disi cuaca seperti ini akan segera berlalu, peng­gunaan pompa akan kembali normal dan biaya produksi bisa kem­bali normal, kalau tidak tentu akan me­nyulitkan pihak­nya dalam me­menuhi kebutuhan akan air bersih masyarakat.

“Untuk menaikkan tarif dasar, saat ini masih menjadi pertimbangan, dan harus berdasarkan persetujuan pemerintah kota melalui dewan le­gislatif,” tambah­nya.(h/mg-rki)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 04 September 2020 - 19:12:34 WIB

    Meskipun Musim Kemarau, Curah Hujan di Sumbar Meningkat

    Meskipun Musim Kemarau, Curah Hujan di Sumbar Meningkat HARIANHALUAN.COM - Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Minangkabau - Padang Pariaman, Yudha Nugraha menyebut curah hujan di Sumbar meningkat meskipun seharusnya musim kemarau..
  • Selasa, 17 September 2019 - 16:13:40 WIB

    Dilanda Kemarau, Umat Islam Mentawai Salat Istighosah

    Dilanda Kemarau, Umat Islam Mentawai Salat Istighosah MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah Umat Muslim di Kepulauan Mentawai mengadakan salat istighosah bermunajat memohon kepada Allah SWT, agar diturunkan hujan, Selasa (17/09) di lapangan Desa Sido Makmur, Kacamatan Sipora Uta.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]