Panwas Agam Kawal Ketat Kegiatan Petahana


Ahad, 20 September 2015 - 18:22:00 WIB

Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas) Ka­bupaten Agam, Elvys, Jumat (18/9) mengatakan, sejak awal pihaknya sudah me­lakukan sejumlah antisipasi serta pengawalan terhadap paslon sehingga bisa me­ngi­kuti aturan main yang sudah ditetapkan.

“Kami sejauh ini telah bekerja masimal dalam mem­­berikan pe­nga­wasan se­hing­ga p­e­laksanaan pe­mi­lihan kepa­la dae­rah di Ka­bupaten Agam bi­­sa jauh dari pe­langgaran. Dalam memaksimalkan itu, Panwas me­mang harus ektra hati-hati serta be­r­jalan sesuai dengan pola yang sudah di­gariskan,” jelas Elvys.

Menurutnya, Panwas me­­ngoptimalkan pence­gahan pelanggaran melalui se­jum­lah cara. Antara lain, me­nyurati kedua pasangan calon terhadap aturan serta hal-hal yang bisa menjuruskan ke­giatan menjadi sebuah pe­langgaran. Melakukan pe­ngawasan terhadap paslon m­e­lalui kegiatan yang di­lakukan setiap hari. Ke­mudian pihaknya juga me­nyurati, pemerintah daerah, serta SKPD terkait agar tidak terlibat dalam politik praktis.

“Kami sudah melakukan antisipasi secara maksimal, untuk menimalisr terjadinya p­e­langgaran, melalui ke­giatan-kegiatan pemerintah dae­rah. Panwas sangat be­komitmen me­nindak se­ki­ranya terjadi dugaan pe­­langgaran di­mana tercukupi sya­rat-sya­rat­nya,” ungkap Elvys.

Ia juga me­ngim­bau ma­sya­rakat untuk tidak segan-segan mem­­berikan laporan ke­pada Panwas apa­bila me­lihat indikasi pe­langgaran yang dilakukan oleh paslon. Laporan bisa disampaikan kemudian dilengkapi de­ngan bukti serta saksi. Se­telah laporan masuk, pi­haknya bakal melakukan pem­buk­tian, terhadap du­gaan pe­langgaran tersebut dalam jangka waktu lima hari.

“Kami minta ma­sya­rakat tidak perlu sungkan-sung­kan memberikan ma­sukan maupun laporan du­gaan, pelanggaran. Karena semua ada mekanisme yang me­ngatur. Sejauh ini Pan­was belum menerima la­poran semacam ini, dan kami me­nilai, kegiatan Pas­lon masih wajar,” ung­kap­nya. (h/yat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:44:02 WIB

    Petugas Panwascam Kabupaten Mentawai Dilantik

    Petugas Panwascam  Kabupaten Mentawai Dilantik Mentawai, Haluan — Sebanyak tiga puluh orang Pengawas Kecamatan (Pan­wascam) dilantik, untuk pe­ngawasan pada penye­leng­garaan pesta Demokrasi pe­milihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai masa peri.
  • Kamis, 28 Januari 2016 - 11:52:43 WIB

    DKPP Sidangkan KPU dan Panwaslu Sijunjung

    PADANG, HALUAN — Proses sidang Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sijunjung oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) berlangsung panas. Dari pernyataan yang dikeluarkan oleh majelis.
  • Rabu, 06 Januari 2016 - 03:15:37 WIB

    Laporan Cabup Pasbar Ditolak Panwaslu

    PADANG, HALUAN — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pasaman Barat menolak laporan dugaan pelanggaran dana kampanye yang diajukan oleh calon Bupati Zulkenedi Said pada 2 Januari lalu..
  • Selasa, 22 Desember 2015 - 02:39:57 WIB

    Panwaslu Kota Solok Laporkan Kakan Kemenag ke Komisi ASN

    SOLOK,HALUAN — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Solok telah melaporkan hasil kajian tentang keterlibatan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Solok M Nasir dalam kampanye dialogis Irzal Ilyas-Alfauzi .
  • Sabtu, 19 Desember 2015 - 03:20:48 WIB

    Panwaslu Rekomendasikan 85 KPPS Tak Dipilih Lagi

    PASAMAN, HALUAN — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pasaman mengeluarkan rekomendasi terhadap lima laporan yang diterima pihaknya. Salah satu rekomendasi menyebutkan, untuk tidak merekrut nama ketua dan anggota K.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]