Donald Trump Rasis


Ahad, 20 September 2015 - 18:29:38 WIB

Alih-alih mengabaikan pernyataan rasis itu, Trump malah mengompori dengan memotong kalimat si pe­na­nya, “Ya kita semua tahu pre­siden kita sekarang adalah salah satunya (muslim). Anda juga tahu dia bahkan bukan orang Amerika.”

Padahal rakyat Amerika tahu benar Barack Obama adalah pemeluk Kristen.

Trump tertawa lepas un­tuk kemudian mem­per­sila­kan pria itu melanjutkan bertanya.

“Kita menghadapi kian banyaknya kamp-kamp pe­latihan di mana mereka (penduduk muslim) ingin membunuh kita. Pertanyaan saya, kapan kita bisa ter­bebas dari itu?”

Ironisnya, tidak seperti Senator John McCain pada Pemilu tujuh tahun silam yang malah me­nganggap angin lalu pertanyaan rasis dari pen­du­kungnya, Trump justru me­ladeni pertanyaan rasis itu.

“Kita akan mengamati hal itu dengan ca­ra yang sama sekali berbeda. Dan tahu­kah An­da, ba­nyak orang yang membahas itu dan ba­nyak orang yang bilang hal-hal bu­ruk ter­ja­di di luar sana. Kita akan m­en­cermati ma­salah itu,” jawab Trump.

Cara Trump yang mala­deni retorika rasis itu mem­buat para pemimpin Re­pu­blik dan Demokrat men­ge­camnya.

“Dia sudah tahu, atau dia semestinya tahu, bahwa apa yang ditanyakan orang itu tidak benar,” serang calon kuat dari Demokrat Hillary Rodham Clinton. “Se­ha­rusnya dari awal dia me­nga­baikan pertanyaan penuh kebencian itu.”

Sekretaris Pers Gedung Putih Josh Ear­nest me­nya­yang­kan Trump tidak me­nun­juk­kan pa­­triotisme se­perti di­per­li­hat­kan John Mc­Cain pada 2008 ketika saat itu Mc­Cain men­jauh­kan mi­kro­fon dari se­orang wan­ita yang me­nyatakan tidak per­caya kepada Obama ka­re­na menurutnya Obama orang Arab.

Earnest menyayangkan Trump tidak meluruskan per­nyataan si penanya, seba­liknya malah meladeninya, hanya demi meraih suara.

Sedangkan Senator South Carolina Lindsey Graham yang juga bakal calon pre­siden dari kubu Republik, mencuit komentar sinis ke­pa­da Trump via Twitter. “Ada cara yang benar untuk mengatasi situasi se­perti itu dan ada pula cara yang keliru, Do­nald,” cuit Gra­ham seperti d­­i­kutip Star­Tri­bune.com (19/9).

Graham lalu menautkan se­buah berita mengenai kecaman Graham terhadap sebuah komentar rasis da­lam kampanyenya belum lama tahun ini di Iowa di ma­na dia malah memo­jokkan seorang pe­nanya rasis.

Sementara Gubernur New Jersey Chris Christie yang juga dari Republik berkata, “andai pada rapat kampanye saya ada orang yang berkata seperti itu, saya pasti mengoreksinya.”

Senator Texas Ted Cruz yang juga dari Republik malah enggan me­ngo­mentari keyakinan seseorang dengan berkata, “keimanan Presiden Obama adalah urusan dia dengan Tuhan.” Lain lagi dengan mantan Gubernur Florida Jeb Bush yang juga bakal calon pre­siden dari Republik. Dia mengkritik Trump dengan lebih halus.

Jeb Bush berkata bahwa Obama adalah “orang Ame­rika. Dia Kristen. Masalah dia bukan karena dia lahir di sini atau apa ke­ima­nan­nya. Ma­salah dia adalah dia orang liberal progresif yang men­cederai siapa pun yang tidak sepaham dengannya.” (h/ant)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 09:17:36 WIB

    Rupiah Menguat, Berkat 'Kado' Donald Trump?

    Rupiah Menguat, Berkat 'Kado' Donald Trump? HARIANHALUAN.COM - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat di perdagangan pasar spot pagi ini. Pelaku pasar merespons positif perkembangan dari Negeri Paman Sam sehingga berani memborong aset-a.
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 19:08:39 WIB

    'KO' Gara-gara Covid-19, McDonald's Bakal Tutup Ratusan Toko

    'KO' Gara-gara Covid-19, McDonald's Bakal Tutup Ratusan Toko HARIANHALUAN.COM - McDonald's Corp mencatatkan penurunan pendapatan periode semester I tahun ini. Hal ini disebabkan penutupan dan pembatasan operasional restoran saat pandemi COVID-19. Karena hal ini juga, McDonald akan menu.
  • Jumat, 08 Mei 2020 - 15:25:23 WIB

    Gerai McDonald's Pertama di Indonesia Resmi Ditutup

    Gerai McDonald's Pertama di Indonesia Resmi Ditutup JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Restoran cepat saji McDonald's atau McD Sarinah mengucapkan salam perpisahan karena akan tutup pada Minggu, 10 Mei 2020. Melalui Instagram, McDonald's Indonesia mengucapkan terima kasih kepada par.
  • Kamis, 06 Februari 2020 - 12:24:47 WIB

    5 Fakta Pelayan McDonald's Dituduh Tipu Pembeli

    5 Fakta Pelayan McDonald's Dituduh Tipu Pembeli JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kecurigaan seorang pembeli makanan cepat saji McDonald’s terhadap salah satu pelayan restoran tersebut viral di media sosial. Si pembeli itu mengunggah kisahnya di Twitter. Pemilik akun @jjprofil.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]