Rektor UNP : Tolak Rencana Relaksasi Peraturan Minol


Ahad, 20 September 2015 - 18:37:03 WIB

“Tidak perlu direlaksasi, yang harus itu dilarang peredaran Minol ini. Kalau ini tetap dibiarkan beredar di masyarakat akan banyak generasi muda yang rusak karena ini,” terang Yanuar.

Menurutnya, pemerintah harus mengkaji kembali rencana untuk merelaksasi Peraturan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Nomor 04/PDN/PER/4/2015 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengendalian Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol Go­longan A. Dikatakannya, tidak ada tempat untuk peredaran Minol ini.

“Meski itu di kawasan wisata atau dimana lah. Kalau ingin minum-minuman seperti itu di luar Sumbar saja,” tegasnya. Selama ini ujar Yanuar, UNP telah berusaha melahirkan dan mencetak generasi muda sebagai penerus bangsa ke depan. Jangan hanya dengan aturan ini akan merusak semuanya. “Kita sudah susah membentuk generasi muda yang tangguh dan bersih dari baran haram itu. Jangan dengan aturan ini malah merusaknya,” terang Yanuar.

Penolakan ini sebelumnya juga datang dari Pemprov Sumbar dan elemen masyarakat di Sumbar, seperti Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKA­AM), dan  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar. Semuanya sepakat agar pemerintah mengkaji ulang rencana tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan menyatakan akan merelaksasi Peraturan Direktur Jenderal Per­dagangan Dalam Negeri Nomor 04/PDN/PER/4/2015 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengendalian Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol Go­longan A. Regulasi itu melarang penjualan miras dan minuman beralkohol di minimarket. Miras hanya boleh dijual di kawasan wisata masing-masing daerah.

Artinya, daerah yang bukan kawasan wisata sekali pun tetap bisa memperdagangkan minol meski larangan penjualan di minimarket tetap diberlakukan. (h/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 14 November 2016 - 00:49:55 WIB

    Sejumlah Nama Wakil Rektor UNP Mengapung

    Sejumlah Nama Wakil Rektor UNP Mengapung PADANG, HALUAN — Dalam waktu dekat Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Ganefri akan memilih pembantunya dalam bertugas mewujudkan UNP mendapat Akreditasi Internasional..
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 12:50:04 WIB

    Rektor Minta Maba Jaga Marwah Kampus

    PADANG, HALUAN — Ma­hasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang, Senin (29/8) memulai perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2016/2017. Sebelumnya terhitung sejak 18-20 Agustus lalu, 3.097 orang mahas.
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 12:09:37 WIB

    Rektor UBH Lantik Asisten Direktur Pascasarjana

    Rektor UBH Lantik Asisten Direktur Pascasarjana PADANG, HALUAN—Dr. Ir. Junaidi M.Si secara resmi menjabat menjadi Asisten Direktur Program Pasca­sarjana Universitas Bung Hatta.Prosesi pelantikan dan serah terima jabatan dilak­sanakan di Ruang Sidang Rektor Gedung E Kam.
  • Kamis, 16 Juni 2016 - 15:14:23 WIB

    Ganefri Terpilih Jadi Rektor UNP

    Ganefri Terpilih Jadi Rektor UNP PADANG, HALUAN -- Kepala Kopertis Wilayah X, Prof. Ganefri, akhirnya terpilih menjadi Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) periode 2016-2020. Kemenangan Ganferi ini cukup mengejutkan,.
  • Selasa, 14 Juni 2016 - 03:23:25 WIB

    Rektor Unand: Pendidikan Salah Satu Cara Mengentas Kemiskinan

    Rektor Unand: Pendidikan Salah Satu Cara Mengentas Kemiskinan Padang, Haluan — Pendidikan merupakan salah satu upaya dalam meng­entaskan kemiskinan. De­ngan pendidikan seseorang memiliki kemampuan dalam meningkatkan taraf kehi­dupannya. Hal ini disam­paikan Rektor Unand, Prof. Dr..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]