Pertamina Rugi Rp15,2 Triliun


Ahad, 20 September 2015 - 18:38:31 WIB

Menurut Wisnuntoro, harga perekonomian bahan bakar mi­nyak dengan RON 88 adalah Rp 7.700 hingga 7.800 per liter, bukan Rp 7.400 per liter seperti yang jual Pertamina saat ini.

“Untuk diketahui dulu sejak 2015 awal sudah disebutkan oleh pemerintah juga oleh Pak Menteri ESDM (Sudirman Said), bahwa untuk jual premiun sampai rugi Rp 12 triliun, sampai hari ini Rp 15,2 triliun,” katanya.

Selain itu, Pertamina juga menyebut melorotnya nilai tukar rupiah menjadi salah satu penye­bab membengkaknya kerugian Perta­mina. Dengan evaluasi harga premium 6 bulan sekali, Wisnun­toro mendukung skema dana stabilitas BBM yang memung­kinkan harga BBM tak diturun­kan saat harga minyak dunia turun. Pemerintah mengatakan, dengan skema itu akan ada uang lebih berkat penjualan harga Premium. Nantinya uang itu akan digunakan pemerintah untuk menjaga harga BBM saat harga minyak dunia naik.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menda­patkan laporan bahwa Pertamina rugi hingga Rp 12 triliun pada Juli 2015. Karena kerugian yang diderita Pertamina, pemerintah tak akan serta merta menurunkan harga BBM, meski harga minyak dunia terus merosot saat ini. Keputusan tersebut merupakan cara memberikan kompensasi kepada Pertamina menutup keru­gian tersebut. (h/kom)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 29 Juni 2015 - 18:35:24 WIB

    Hakim Tolak Eksepsi Eks Direktur Pertamina

    JAKARTA, HALUAN — Eksepsi atau nota keberatan bekas Direktur Pengolahan PT Pertamina Suroso Atmomartoyo terkiat dugaan suap pejualan bensin bertimbal atau lebih dikenal kasus Innospec ditolak oleh hakim .

  • Ahad, 21 Juni 2015 - 18:33:01 WIB

    Pelaku Minta Jatah Solar ke Pertamina

    PEMERASAN ANGGOTA DPR RI, LUCKY HAKIM

    JAKARTA, HALUAN — Anggota DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Lucky Ha­kim mem­­­buka prak­tik pe.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]