Kebakaran Lahan di Silaut Ancam Buaya


Ahad, 20 September 2015 - 18:40:37 WIB

“Kebakaran terjadi per­sis dekat muara dan daerah rawa. Kebakaran yang terja­di di sekitar habitat buaya itu tentu akan menyebabkan buaya terdesak. Jadi me­mang dampak kebakaran lahan di Silaut cukup besar, selain merusak lingkungan juga menyebabkan satwa bisa terancam,” katanya.

Pemkab Pessel sebelum­nya telah menetapkan zona konservasi buaya muara di Kecamatan Silaut, bahkan sudah sosialisasi. Sosialisasi difokuskan bagi warga yang ber­mukim dan beraktifitas di hilir Batang Silaut.

Menurut Camat Silaut Sam­wil, sebelumnya telah  dilakukan pemetaan zona kawasan waspada oleh pemerintah, beberapa titik lokasi yang menjadi tempat ber­main binatang buas ini bahkan perlu pengamanan. Tujuanya agar binatang reptil yang dilindungi itu, bisa terkendali. Di samping juga dapat dijadikan sebagai kawasan konservasi.

Dia mengatakan, pengen­da­lian terhadap binatang buas jenis buaya sepanjang aliran sungai Batang Silaut  tepatnya di Nagari Air Hitam dan Simbungo, terma­suk juga di beberapa titik di Batang Sindang Nagari Lunang Kecamatan Lunang, sudah jadi kebutuhan.

“ Setiap tahun jumlah kawa­nan buaya yang terdapat di sepan­jang aliran Batang Silaut di Nagari Airhitam dan Nagari Simbungo, serta di beberapa titik di sungai Batang Sindang di Kecamatan Lunang selalu bertambah. Karena alam habitatnya dekat atau ber­dam­pingan dengan pemukiman penduduk, sehingga perlu dilaku­kan pengendalian,” harapnya.

Dijelaskanya, sebagian ada yang masuk ke kawasan pemu­kiman penduduk seperti di salu­ran-saluran pembuangan limbah rumah tangga, parit-parit dan saluran irigasi pertanian. Bila lengah sedikit saja, maka nyawa yang menjadi taruhannya.

“ Di dua kecamatan ini, yakni Silaut dan Lunang, memang tidak mengherankan jika ditemui ada buaya yang masuk kampung mencari mangsa. Sebab rawa-rawa yang berada di sepanjang aliran sungai di dua kecamatan ini merupakan tempatnya berkem­bang biak, serta juga dekat dengan pemukiman penduduk,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, kebakaran masih terjadi. Petugas kesulitan melakukan upaya pe­madaman akibat medan yang berat dan sulit dijangkau. (h/har)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 18 Juni 2020 - 09:07:47 WIB

    Audy Joinaldy Bantu Korban Kebakaran di Nagari Muaro Paneh Solok

    Audy Joinaldy Bantu Korban Kebakaran di Nagari Muaro Paneh Solok HARIANHALUAN.COM - Sebagai wujud empati dan kepedulian terhadap warga yang tertimpa musibah kebakaran rumah yang terjadi Rabu pagi, sekira pukul 05.30 WIB, Dr (cand). Ir Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, M.M, IPM, ASEAN.Eng memberik.
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 11:25:37 WIB

    Korban Kebakaran Empat Petak Kedai di Gunung Medan Rugi Ratusan Juta

    Korban Kebakaran Empat Petak Kedai di Gunung Medan Rugi Ratusan Juta Efrizal (45), warga Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Kamis (14/05), lari terbirit-birit dengan kepala yang belum selesai dipangkas bersama kain pembalut pangkas, pasalnya kedai dekat pan.
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 17:06:20 WIB

    Korban Kebakaran di Lubuk Sikaping Dapat Bantuan Sembako

    Korban Kebakaran di Lubuk Sikaping Dapat Bantuan Sembako PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman, Rahmi Wahidah, menyerahkan bantuan bagi korban kebakaran di Jorong Taluak Ambun Nagari Pauh, Kecamatan Lubuksikaping, Sab.
  • Kamis, 26 Desember 2019 - 16:22:19 WIB

    DPRD Dharmasraya Bantu Korban Kebakaran Pasar Koto Baru

    DPRD Dharmasraya Bantu Korban Kebakaran Pasar Koto Baru DHARMASRAYA,HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto bersama sejumlah wakil rakyat lainnya sambangi korban kebakaran Pasar Koto Baru, Kamis (26/12). Dalam kesempatan itu, ia menyerahkan sejumlah sembako kepada ko.
  • Selasa, 24 Desember 2019 - 16:24:14 WIB

    Tinjau Kebakaran di Pasar Koto Baru, Bupati Sutan Riska Serahkan Bantuan

    Tinjau Kebakaran di Pasar Koto Baru, Bupati Sutan Riska Serahkan Bantuan PULAUPUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Tatapan kosong terpancar dari wajah Yusna. Perempuan 60 tahun itu serasa masih belum percaya, bahwa kedai tempatnya menggalas aneka barang kelontong sudah ludes terbakar..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]