Pasaman Dipasangi Digital Video Broadcast


Senin, 21 September 2015 - 18:43:54 WIB

“Sistem Diseminasi Informasi BMKG untuk BPBD Pasaman secara resmi sudah diaktifkan oleh BMKG Padang Panjang,” kata Syafei.

Dengan telah dipasangnya alat DVB di daerah ini pungkas Syafei, ke depan pemerintah daerah dan segenap instansi terkait, dapat dengan mudah mengetahui informasi gempa bumi dan cuaca ekstrem, sekaligus untuk melakukan proses deteksi dan pencegahan dini oleh segenap pemangku kepentingan terkait kebencanaan.

Kepala BMKG Padang Panjang, Rahmat Triyono mengatakan, DVB yang diinstal di BPBD Pasaman saat ini sudah terintegrasi dengan DVB di Stasiun Geofisika Padang Panjang.

“DVB ini sebelumnya terpasang di Pusdalops BPBD Provinsi Sumbar yang direlokasi ke BPBD Pasaman, dikarenakan di Pusdalops Provinsi sebelumnya terinstal 2 sistem diseminasi informasi BMKG (1 WRS, 1 DVB-),” jelas Rahmat Triyono. Relokasi ini dilakukan guna memaksimalkan fungsi DVB dan juga untuk memperluas jangkauan informasi BMKG ke seluruh kabupaten/ kota di Sumatera Barat.

Pemindahalan alat tersebut, karena Pasaman adalah salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang lokasinya berbatasan dengan wilayah Provinsi Sumatera Utara. Daerah ini memiliki tingkat aktifitas dan potensi kegempaan cukup tinggi dikarenakan dilalui oleh sesar Sumatera Segmen Sumpur. Segmen ini memiliki panjang patahan kurang lebih 35 kilometer, yang melewati daerah padat penduduk, antara lain Kecamatan Rao, Lubuk Sikaping dan Bonjol. (h/col)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]