Solok Terancam Kehilangan 42 Ton Gabah Kering


Senin, 21 September 2015 - 18:45:19 WIB

H. Zulkifli Ishaq, salah seorang penyuluh pertanian dari UPTD BPP Tanjung Harapan Kota Solok me­ngatakan, sejak hampir satu bulan belakangan ini, ka­wasan persawahan di Ke­lurahan Nan Balimo dan Kelurahan Tanjung Paku mengalami kekeringan. Jika sampai akhir Sepetember 2015 tidak juga turun hujan, besar kemungkinan petani akan mengalami gagal panen.

“Sudah hampir tiga bu­lan Kota Solok mengalami kemarau panjang. Untuk masa dua bulan pertama pengairan sawah masih ter­bantu oleh irigasi dengan sumber airnya dari Batang Binguang.

Namun satu bu­lan ter­akhir sumber air Ba­tang Binguang juga me­nga­lami kekeringan. Aki­bat­n­ya 7 Ha sawah me­ngalami ke­keri­ngan,” ujar Zulkifli.

Lebih jauh Zulkifli me­ngatakan, 7 hektare sawah itu saat ini mengering dan retak-retak. Sampai akhir September jika tidak juga turun hujan, maka ke­mun­gkinan besar tanaman padi yang baru ditanam terancam mati dan membuat petani akan mengalami gagal p­a­nen.

Jika itu terjadi kata Zul­kifli, maka Kota Solok akan kehilangan hasil minimal 42 ton gabah kering giling. Padahal Kota Solok baru saja menerima penghargaan dari Kementerian Pertanian sebagai salah satu daerah yang berhasil meningkatkan pertumbuhan produksi be­ras diatas 5%.

Sementara itu, Buter, salah seorang petani peng­garap di Kelurahan Nan ­Balimo mengatakan, musim tanam tahun ini sudah bisa dipastikan petani akan me­ngalami gagal panen. Karena areal pertanian tidak hanya mengalami kekeringan ma­lainkan juga diserang hama tikus. Jika dalam dalam seminggu ini tanaman padi tidak tersentuh air, maka sudah dapat dipastikan ta­naman padi akan mati.

“Seandainya dalam satu minggu ini datang hujan, maka tanaman padi memang dapat hidup. Akan tetapi bahaya lain sudah mengintai, yaitu bahaya serangan ti­kus,” kata Buter.

Sebagai petani kata Bu­ter, mereka memang tak bisa berharap banyak. Ka­rena apapun soslusinya, besar kemungkinan petani padi di Solok akan tetap gagal pa­nen.  (h/eri)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]