Harga Minyak Goreng Tak Ikut Anjlok


Senin, 21 September 2015 - 18:57:52 WIB

“Kita juga tidak tahu persis kenapa hal tersebut terjadi, karena seharusnya harga bahan baku turun harga juga turun dong. Tapi ke­nya­taan­nya harga tetap,” ujarnya.

Dari data Dinas Pe­rin­dus­trian dan Perdagangan (Disperindag) Sumbar pada Senin (21/9), harga minyak goreng cenderung masih tetap. Dimana dari pantauan tiga pasar besar di Kota Padang tiha hari be­la­kang­an, Pasar Siteba, Pasar Ra­ya, dan Lubuk Buaya harga minyak goreng tanpa ke­masan Rp9.000 per liter. Sedangkan untuk harga mi­n­yak goreng kemasan di angka Rp15.000 per liter.

“Apakah ini karena me­mang masih tekanan eko­nomi global dan pengaruh penguatan dollar. Se­harus­nya ketika dollar kuat eks­por kita juga akan bergairah tetapi ini tidak,” paparnya.

Terkait dengan harga TBS yang anjlok, YLKI me­minta harus ada upaya serius dari pemerintah dan Kamar dan Industri (Kadin) Sum­bar, agar petani untung pe­n­gu­saha makin beruntung.

Hal berbeda di­lontar­kan, Kepala Disperindag Sumbar Mudrika. Di­ka­ta­kan­­nya,  harga minyak go­reng saat ini tidak te­r­penga­ruh dengan jatuhnya harga sawit. Karena memang, har­ga sawit yang jatuh hanya pada tingkat petani.

“Karena stok pe­rusahaan masih banyak, sehingga pe­ru­sahaan tidak membeli dari petani makanya harga jatuh. Sementara untuk produksi masih tetap dan tidak ada pengaruh,” terangnya ke­pada Haluan Senin (21/9) di Padang.

Mudrika membantah ad­a­nya permainan di tingkat pasar terkait dengan mu­rah­nya harga bahan baku de­ngan masih tetapnya harga minyak goreng. “Tidak ada permainan, hanya saja kalau pasar memang seperti ini,” ungkapnya. (h/mg-isr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Agustus 2020 - 02:03:17 WIB

    Siap Edar di Bulan Desember, Vaksin Covid-19 Buatan China Ini Harganya Rp2 juta

    Siap Edar di Bulan Desember, Vaksin Covid-19 Buatan China Ini Harganya Rp2 juta HARIANHALUAN.COM - Perusahaan farmasi China kemungkinan akan mulai memasarkan vaksin covid-19 pada akhir Desember nanti. Tak tanggung-tanggung, harganya dibandrol Rp 2 juta untuk dua kali dosis suntikan..
  • Rabu, 19 Agustus 2020 - 20:05:13 WIB

    Akhir Tahun, Vaksin Covid-19 Sinopharm Siap Diedarkan, Berapa Harganya?

    Akhir Tahun, Vaksin Covid-19 Sinopharm Siap Diedarkan, Berapa Harganya? HARIANHALUAN.COM - Saat ini dunia sedang berpacu menciptakan vaksin virus Corona atau Covid-19 untuk menekan jumlah pasien virus mematikan tersebut. Untuk harga vaksin Corona Sinopharm ditaksir 1.000 yuan atau sekitar Rp 2,16.
  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 18:57:23 WIB

    Wadaw, Nomor Telepon Ini Dijual Seharga Rp4,8 Miliar!

    Wadaw, Nomor Telepon Ini Dijual Seharga Rp4,8 Miliar! HARIANHALUAN.COM - Nomor ponsel yang diakhiri dengan lima angka '8' di China terjual seharga 2,25 juta yuan atau US$ 324.000 setara 4,8 miliar (kurs Rp 14.700/US$) pada lelang online yang diselenggarakan Pengadilan Rakyat Dis.
  • Selasa, 18 Agustus 2020 - 18:14:14 WIB

    Vaksin Covid-19 China Siap Digunakan Akhir 2020, Harganya Berapa ya?

    Vaksin Covid-19 China Siap Digunakan Akhir 2020, Harganya Berapa ya? HARIANHALUAN.COM - Perusahaan vaksin China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) optimistis vaksin Covid-19 akan siap digunakan publik pada akhir 2020. Lantas berapa harganya?.
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 23:01:54 WIB

    Di Negara Ini Harga Bensin Tiap Hari Naik

    Di Negara Ini Harga Bensin Tiap Hari Naik HARIANHALUAN.COM – Para pengusaha stasiun pengisian bahan bakar umum mengalami kerugian yang cukup banyak, akibat dampak dari wabah virus COVID-19. Hal ini terjadi di seluruh dunia, termasuk negara-negara di Asia..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]